Denpasar Kerahkan Ribuan Seniman di Pesta Kesenian Bali 2021

30/04/2021 07:40
Pementasan Duta Kota Denpasar di PKB ke-XLI Tahun 2019 lalu.
banner-single

DENPASAR Jurnalbali.com

Dinas Kebudayaan Kota Denpasar memastikan kesiapan Duta Kesenian Kota Denpasar untuk tampil di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021. Sebanyak 14 sekehe akan menjadi duta Kota Denpasar yang sedianya akan melibatkan ribuan seniman dari berbagai bidang seni.

————————-

Kabid Kesenian Disbud Kota Denpasar, Dwi Wahyuning Kristiansati mengatakan, Kota Denpasar  sangat siap menyambut gelaran seni tahunan di Bali ini. Dimana, beragam perseiapan telah dilaksanaka mulai dari penunjukan duta serta finalisasi materi yang akan dibawakan. “Sebagai kota kreatif berlandaskan budaya kami terus berkomitmen untuk pelestarian dan penguatan seni budaya Bali, gelaran PKB ini merupakan momentum untuk itu, meski digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan,” jelasnya

Lebih lanjut dikatakan, adapun pada PKB tahun 2021 ini terdapat 14 materi yang akan diikuti Pemkot Denpasar. Materi tersebut terbagi dalam beberapa jenis yakni Pawai (Peed Aya), Parade (Utsawa), Lomba (Wimbakara), Pagelaran (Reksada) dan Penghargaan (Adhi Sewaka Nugraha). Adapun jumlah duta kesenian  yang diterjunkan Kota Denpasar sebanyak 14 duta kesenian dengan melibatkan ribuan seniman. “Kami mengirimkan 14 duta kesenian, semua materi tersebut sudah kami siapkan, dan saat ini sudah tahap latihan guna memberikan hasil yang maksimal, dari pelaksanaan PKB nanti sedikinya 800-1.000 seniman Denpasar terlibat didalamnya,” paparnya.

Baca Juga :   Ombudsman Bali Buka Puasa Bersama Wartawan, Ini Pesan Umar Alkhatab

Dwi Wahyuning menambahkan, gelaran PKB ini hendaknya dimanfaatkan oleh insan seni Kota Denpasar sebagai ajang apresiasi seni dan kebudayaan Bali. Selain itu,PKB Tahun 2021 menjadi momen kebangkitan seni budaya Bali meski dimasa pandemi. Dimana, keberadaan seni budaya juga mampu beradaptasi dan tetap eksis meski harus menerapkan protokol kesehatan. Sehingga kedepanya seni, budaya serta kearifan lokal Bali dapat tetap ajeg dan lestari dengan tetap berpedoman pada pakem-pakem seni itu sendiri.

 “Kami berharap seluruh insan seni yang sudah dipercaya untuk menjadi duta Kota Denpasar agar senantiasa berlatih dengan maksimal untuk hasil yang maksimal pula, dan pemilihan duta kesenian ini juga dilaksanakan secara bergilir di empat kecamatan,” pungkasnya. (*/Sin)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya