Satu Suara Rawat Kebhinekaan di Bali, Ini Pesan Kakanwil Agama

07/06/2021 12:24
Jajaran pengurus FKPT Bali beraudiensi dengan Kakanwil Depag Bali
banner-single

DENPASAR Jurnalbali.com

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Departemen Agama Provinsi Bali, DR.Komang Sri Marheni, S.Ag,M.Si mengajak seluruh jajaran pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Bali, untuk terus bersinergi merawat kerukunan beragama di Bali sekaligus bersama mencegah munculnya radikalisme dan intoleransi di Bali. Hal ini penting karena dengan selalu terawatnya kerukunan antar umat beragama menjadi modal dasar bagi gerakan pembangunan Bali dalam visi Nangun Sat Kerti Loka Bali.    

————————

‘Setelah saya mendengar pemaparan ketua FKPT Bali, saya sangat apreasiasi karena ternyata tugas pokok dan fungsi Depag dengan FKPT Bali itu seiring sejalan. Maka mari  terus kita jaga kebersamaan, selalu bersinergi untuk secara bersama merawat kerukunan hidup beragama di Bali. Hanya dengan itu kita dapat menjaga kontiunitas pembangunan Bali sesuai visi missi Pemprov Bali, Nangun Sat kerti Loka Bali,’ ujarnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Komang Sri Marheni saat menerima audiensi dan koordinasi lintas lembaga yang dilakukan FKPT Provinsi Bali, di ruang kerja Kakanwil Depag, Renon Denpasar, Senin 7 Juni 2021. Rombongan pengurus FKPT Bali yang beraudiensi dipimpin Ketua FKPT Bali, I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, SH,MH. Pengurus yang hadir dalam audiensi tersebut dibatasi hanya lima orang, lantaran menaati protocol kesehatan cegah covid-19. Hadir mendampingi Ketua FKPT Bali antara lain, Sekretaris FKPT Bali, Drs. A.A Ngurah Ketut Suweda, M.Si, Kabid Pemuda dan Pendidikan A.A. Mayun Darma Kesuma,SH, Kabid Pengkajian dan Penelitian Andi Udin Sarani, STP, M.PT, Kabid Media dan Hukum Drs. Emanuel Dewata Oja. Beberapa pengurus FKPT Bali yang lainnya tidak bisa mengikuti audiensi lantaran pembatasan jumlah sesuai prokes cegah covid-19.

Baca Juga :   'Masyarakat Jangan Jumawa' Itu Peringatan Gubernur Koster Soal Bahaya Covid-19

Dalam pertemua yang berlangsung selama satu jam lebih tersebut, Kakanwil Komang Sri Marheni menegaskan, pihaknya saat ini tengah gencar melaksanakan program moderasi agama ke berbagai kelompok masyarakat di Bali termasuk Perguruan Tinggi. Program tersebut kata Doktor Kajian Budaya Universitas Udayana ini, merupakan program turunan dari Kementerian Agama RI. Ditegaskan bahwa saat ini, kanwil Depag Bali sudah mulai melaksanakan program moderasi agama tersebut di beberapa kelompok masyarakat, termasuk di Undiknas Denpasar dan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.

Sementara itu, Ketua FKPT Bali I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, SH,MH. menyampaikan bahwa ranah tugas FKPT adalah melakukan sosialisasi tentang upaya-upaya pencegahan radikalisme dan intoleransi di Bali. Namun kata Agung Ngurah Sudarsana yang tak lain adalah Kaban Kesbangpol Bali ini menjelaskan bahwa seluruh kegiatan atau program pencegahan radikalisme dan terorisme yang dilaksanakan FKPT Bali adalah perpanjangan program BNPT RI.

Baca Juga :   Update Covid-19 Senin 14 Mei, Bali Turun ke Peringkat 15 NTT Naik ke Peringt 10 Nasional

“Kami di FKPT Bali sesungguhnya hanya perpanjangan BNPT untuk mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan radikalisme dan terorisme di Bali. Dalam pelaksanaannya kami sering melibatkan beberapa komunitas masyarakat, seperti pelajar, mahasiswa, perangkat Desa dan Kecamatan serta para penyuluh Agama. Itu sebabnya kami harus sowan kepada ibu Kakanwil, karena dalam waktu dekat, FKPT Bali akan melaksanakan kegiatan yang melibatkan para penyuluh agama,’ ujarnya. (*/Bil)

 

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya