Polda dan Polres Seluruh Bali Dapat Pelatihan Jurnalistik Dari SMSI

22/06/2021 01:22
Sebahagian peserta pelatihan serius menyimak pemaparan para nara sumber
banner-single

GIANYAR Jurnalbali.com

Sebagai tindak lanjut kesepakatan bersama antara Polda Bali dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali yang tercetus dalam audiensi Pengurus SMSI Bali dengan Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra beberapa waktu lalu, Selasa 22 Juni 2021 Bid.Humas Polda Bali gandeng SMSI Bali menggelar Literasi Media dan Pelatihan Jurnalistik. Acara yang digelar di Bali Zoo Parka Gianyar tersebut selain diikuti staf Bid Humas Polda Bali, juga melibatkan seluruh Kabag Humas Polres seluruh Bali dengan total peserta enam puluh orang lebih.

Sebagaimana diketahui, SMSI adalah organisasi Media –media Online terbesar di Asia, dimana di Indonesia hingga kini anggotanya telah mencapai 1300 lebih perusahaan Media Online yang tersebar di seantero Indonesia. Di Bali, SMSI beranggotakan 45 Media Online yang seluruhnya berbadan hukum Pers dan tengah berproses untuk diverifikasi Dewan Pers. SMSI sendiri secara resmi diakui sebagai konstituen resmi Dewan Pers sejak Mei 2019.

Kerja sama serupa, juga telah dilakukan dengan beberapa instansi Pemerintah seperti dengan Humas Pemkot Denpasar. Sementara kerja sama dengan Humas Polda Bali dirangkaikan dengan agenda tahunan Humas Polda dan Polres se Bali yakni Rakernis Kehumasan. 

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Syamsi, SH saat menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan yang digelar serangkaian Rakernis Kehumasan Polda ini bertujuan sebagai peningkatan kompetensi dan kemampuan pengelolaan informasi dan dokumentasi di jajaran kehumasan Polda Bali. “Ini berpengaruh dalam pelaksanaan tugas dalam pembentukan opini masyarakat,” kata Syamsi.

Dikatakan, dalam penyebarluasan informasi, media memiliki peran penting dalam pembetukan opini di masyarakat, Hal itu berpengaruh dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di jajaran Polri. “Pelatihan pagi ini diharapkan bermanfaat bagi kita semua,” tambah Syamsi.

Baca Juga :   Beri Vaksin 1 Juta, Kapolri Pakai Moto 'Salus Populi Suprema Lex Esto'

Sementara, Ketua Dewan Penasihat SMSI Bali IGM Dwikora Putra yang juga hadir saat pembukaan acara tersebut banyak menekankan, organisasi media online SMSI menjadi salah satu lembaga yang telah terverifikasi dan menjadi organisasi konstituen Dewan Pers. “Organisasi ini telah resmi dan menjadi konstituen Dewan Pers,” kata Dwikora Putra.

Dalam pelatihan itu hadir tiga narasumber dari SMSI Bali yakni, Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja dengan materi ‘Humas 4.0 Era Post Truth’ dan Bijak Bermedia Sosial. Pemateri lain yakni, I Gusti Ngurah Dibia yang merupakan salah seorang pengurus SMSI Bali menampilkan materi Media Penyiaran.

Narasumber ketiga yakni, Pemimpin Umum Koran METRO dan Berita Bali Online.com, I Dewa Made Suta Sastradinata dengan materi Teknik Menulis Berita dan Bahasa Jurnalistik. Selain para pembicara dari SMSI, Rakernis Humas Polda Bali juga mengundang nara sumber dari Dinas Komifos Bali yakni IGA Sukma. (Bil)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya