Masyarakat Bali Didorong Konsisten Manfaatkan Bumbu Bali Sebagai Pengawet Makanan

02/08/2021 07:33
Dr. Ni Made Ayu Suardani Singapurwa, STP., M.Si.
banner-single

DENPASAR Jurnalbali.com

Masyarakat Bali didorong untuk konsisten memanfaatkan bumbu Bali sebagai pengawet makanan. Masyarakat Bali diingatkan untuk tidak begitu saja meninggalkan  atau beralih menggunakan pengawet kimia buatan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

————————-

“Bumbu Bali itu mengandung alkaloid, kemudian flavonoid dan fenol yang mampu menghambat mikroba, khususnya jenis jamur Aspergillus Sp. yang dapat menimbulkan keracunan dan berdampak pada potensi penyakit kanker” kata akademisi Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa Dr. Ni Made Ayu Suardani Singapurwa, STP., M.Si.

Hal itu diungkap saat ia menjadi narasumber pada acara Seminar Agriculture Science Festival Award yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (Unwar) secara daring pada Senin (2/8).

Perempuan yang juga merupakan Kaprodi Ilmu Teknologi Pangan  (ITP), Fakultas Pertanian. Unwar ini mengungkapkan bahwa pada dasarnya bumbu Bali mengandung senyawa bioaktif , sehingga dapat berfungsi sebagai pangan fungsional.

Peran lainnya yaitu dapat  berperan dalam menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh.

Guna memudahkan dan mempercepat pengolahan maka diperlukan bentuk olahan yang cepat saji. Apalagi saat ini sudah diperjualbelikan secara eceran dan bentuk kemasan yang menarik.

“Dapat pula dalam bentuk kering dalam bentuk bubuk dengan kemasan sachet atau botol kemasan” ungkap Ayu Suardani.

Ayu Suardani berharap pemerintah mengimplementasikan berbagai strategi dalam upaya mendorong masyarakat kembali mengkonsumsi produk pangan tradisional yang memanfaatkan bumbu tradisional lokal dengan cara memberi dukungan pada UMKM produk pangan tradisional.

Langkah sosialisasi juga penting agar tumbuh kesadaran bahwa mengkonsumsi pangan tradisional penting dalam mempertahankan kearifan lokal. Apalagi pangan tradisional mudah dijangkau dan harga relatif lebih murah.(*/Bil)

Baca Juga :   PMKRI Denpasar Bersama Warga banjar Umasari Ubung, Desak Pemkot Batalkan Pembangunan TPS3R Ubung Kaja

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya