Tekan Penyebaran Covid 19, DPMD Denpasar Monitoring Pelaksanan PPKM

04/02/2021 01:51
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Denpasar melaksanakan monitoring Pelaksanan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Desa Ubung Kaja Kamis (4/2)
banner-single

DENPASAR JURNALBALI –

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Denpasar melaksanakan monitoring  Pelaksanan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Desa Ubung Kaja Kamis (4/2). Kadis DPMD Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengatakan, pelaksanaan monitoring  PPKM tahun 2021  ini pertama dilakukan di Desa Ubung Kaja karena kasus terjangkit positif covid-19  cukup  tinggi.

 

Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penerapan PPKM maka dilakukan monitoring. Selain di Ubung Kaja pihaknya juga akan melakukan monitoring ke desa lainnya seperti Desa Pemecutan Kaja, Desa Pemecutan Kelod, Desa Padangsambian Kelod, Desa Pemogan, Desa Sidakarya, Kesiman Kertalangu dan Desa  Dangin Puri Kelod. Untuk  desa  pelaksanan beebeda-beda mengikuti jadwal yang telah ditetapnya.

 

Lebih lanjut Alit Wiradana mengatakan, dalam kegiatan monitoring tersebut   adalah mengevaluasi seberapa efektifnya penanganan covid 19 dilaksanakan PPKM. Selain itu dalam monitoring ini juga mengevaluasi tugas dan tanggung jawab satgas  PPKM di Banjar atau dusun dan lingkungan  apakah sudah berjalan baik dan sesuai dengan surat keputusan yang telah ditetapkan pemerintah. “Apakah pelaksanaan Satgas PPKM telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai prosedur,”  ungkap Alit Wiradana.

 

Alit Wiradana mengaku dalam surat keputusan satgas PPKM di banjar/dusun memiliki tugas dan kewajiban melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan kepada masyarakat.  Satgas juga melakukan pemantauan dan pengawasan aktivitas perkantoran baik pemerintahan maupun swasta, yang ada diwilayah desa/kelurahan. Mengawasi aktivitas kegiatan usaha agar agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan mentaati ketentuan jam operasional. Satgas juga bertugas mengawasi kegiatan keagamaan pada tempat ibadah dengan membatasi kapasitas  umat yang beribadah dengan menerapkan protokol kesehatan serta mengawasi tempat tempat objek wisata.

 

Dari hasil monitoring  yang dilakukan hari ini Alit Wiradana mengaku pelaksanaan  PPKM yang dilaksanakan satgas  telah berjalan dengan baik dan mengikuti prosedur yang berlaku. Jika dikemudian hari pelaksanaan PPKM ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh satgas, pihaknya akan memberikan pembinaan sehingga proses PPKM bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga penularan covid 19 bisa diputus. */Bil

Baca Juga :   PPKM Skala Mikro, Masih saja Ada Pelanggar Prokes

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya