Rumah Mode Christian Dior Paris Resmi Gunakan Endek Bali

14/02/2021 11:32
Kain endek Bali digunakan oleh Rumah mode Christin Dior Paris untuk salah satu koleksi busana musim semi dan musim panas tahun 2021. --- Foto Istimewa
banner-single

DENPASAR Jurnal Bali –

Gubernur Bali, Wayan Koster dan Christian Dior Couture, S.A secara resmi menandatangani kerjasama promise Ekspresi Budaya Tradisional Indonesia untuk Tenun Endek Bali secara virtual dari Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar dan Paris, Perancis tepat pada Hari Suci Tilem Kaulu, Kamis, Wraspati Pon Landep 11 Februari 2021, Pukul 21.30 WITA atau 14.30 waktu bagian Paris.

Dengan penandatanganan ini maka rumah mode tersohor dunia, Christian Dior Couture, S.A resmi akan menggunakan kaintenun endek sebagai salah satu koleksi busana musim semi dan musim panas tahun 2021.

Penandatanganan kerjasama dilakukan, setelah Pemerintah Provinsi Bali melalui Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster memperjuangkan penggunaan Kain Tenun Endek Bali yang diproduksi oleh penenun asli Pulau Dewata.

Gubernur Koster dan Christian Dior sama-sama sepakat, dalam Ruang Lingkup Kerja Sama ini untuk mempromosikan ekspresi budaya tradisional Indonesia, khususnya pemanfaatan Tenun Endek Bali dalam produk Dior. Sepakat bekerjasama dalam bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali yang memproduksi Tenun Endek, dalam bidang Proyek bersama untuk mendukung aktualisasi penggunaan Tenun Endek Bali pada produk Dior, dan dalam bidang lain yang menjadi kepentingan bersama sesuai kompetensi masing-masing pihak yang disepakati bersama.

Gubernur Bali Wayan Koster dan Senior Vice President General Counsel Christian Dior, Marie Champey memperlihatkan surat Perjanjian Kerja sama.

 

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Christian Dior yang telah memilih Kain Tenun Endek Bali sebagai bahan baku koleksinya. Ini merupakan kerja sama yang bersejarah dalam melestarikan warisan budaya leluhur Bali dan juga sebagai wujud  keberpihakan kami kepada industri kecil dan menengah, khususnya para penenun Kain Endek Bali di masa pandemi Covid-19,” ujar mantan Anggota DPR-RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga :   ‘Lawan’ SE Peniadaan Mudik 11 Persen Masyarakat Masih Mudik

Usai menandatangani perjanjian yang terdiri dari 11 Pasal dengan Senior Vice President General Counsel Christian Dior, Marie Champey, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas dipilihnya salah satu warisan budaya Bali oleh rumah mode kelas dunia asal Perancis.

Mendengar apresiasi Gubernur Koster tersebut, Marie Champey mengundang Gubernur Bali, Wayan Koster beserta jajarannya untuk berkunjung ke pabrik Christian Dior di Perancis, serta melihat langsung bagaimana produksi busana tersebut dilakukan. “Kami ingin kerjasama ini terus berlanjut, serta kami juga berharap bisa memperkenalkan budaya-budaya unik lainnya tidak hanya dari Bali, namun dari seluruh Indonesia,” tutupnya. *Bil

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya