PWI Minta Insentif Ekonomi Untuk Industri Pers Segera Terwujud

10/02/2021 01:42
Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari
banner-single

JAKARTA Jurnal Bali –

Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari di hadapan Presiden saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Selasa 9 Februari 2021, berharap insentif ekonomi untuk industri pers yang pernah dijanjikan pemerintah dapat segera diwujudkan. “Inilah salah satu kesimpulan dari konvensi nasional media massa yang kami selenggarakan kemarin,” jelas dia.

Atal mengatakan, pandemi COVID-19 yang menerjang dunia khususnya Indonesia, telah mengganggu keberlangsungan seluruh sektor, salah satunya industri media. “Pers dan media pun sedang sakit, tapi pers dan media dituntut oleh tugas kemanusiaan menjadi jembatan komunikasi dan informasi,” ujar Atal.

Bersama Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 kata dia, wartawan telah diterjunkan sebagai ujung tombak agar masyarakat sadar akan protokol kesehatan. Namun di sisi lain, krisis ekonomi akibat COVID-19 juga telah mengakibatkan performa Industri media menurun. “Ada perusahaan yang terpaksa mem-PHK karyawan, tidak sedikit media gulung tikar tapi ada yang menyambung hidup dari idealismenya pindah ke online sambil belajar beradaptasi,” sambungnya.

Lanjut dia, bila krisis tersebut khususnya kesehatan dan ekonomi tidak segera berlalu, media hanya mampu bertahan hidup dalam waktu hitungan bulan.

Hari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berdiri pada 9 Februari 1946. Peringatan HPN pun dikukuhkan dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

Sedianya tahun ini pelaksanaan HPN di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun karena pandemi COVID-19, digeser ke di DKI Jakarta secara daring maupun tatap muka. */Bil

Baca Juga :   Menparekraf Sandiaga Janji Bantu Pemasaran Produk UMKM Bali di Jakarta

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya