Pol PP Mabar Segel Lokasi Galian C Compang Longgo

07/05/2021 12:36
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP, red) Stefanus Salut
banner-single

LABUAN BAJO Jurnalbali.com

Polisi Pamong Praja Manggarai Barat sepakat akan menutup dan menyegel lokasi aktivitas galian C di Bendungan Wae Mese, Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores-NTT. Kasat Pol PP Mabar, Step Salut menegaskan pihaknya dalam waktu dekat akan menyegel lokasi galian C yang dikerjakan oleh Kelompok Handel Berseri tersebut. Hal itu sampaikan Step Salut pada, Jumat 07 Mei 2021 di Labuan Bajo.

———————–

Ia menjelaskan tim gabungan yang terdiri dari Pol PP dan dari Kecamatan sudah melakukan pemantauan di lokasi galian C pada, Jumat 06 Mei 2021. Hasil pantauan tim tersebut menemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh kelompok Handel Berseri dalam melakukan aktivitas galian C di Compang Longgo. Step Salut menegaskan bahwa aktivitas galian C tersebut melanggar aturan. “Aturannya sepanjang 100 meter dari bendungan ke hulu dan 100 meter dari bendungan ke hilir itu bisa dilakukan itupun kalau  ada ijin. Tapi yang dilakukan oleh mereka ini dibawa bendungan dan itu melanggar, besok kita akan segel,” ujarnya.

Baca Juga :   Ditengarai Galian C Bandara Komodo 10 Tahun Tidak Bayar Pajak

Menurutnya, aktivitas galin C yang dilakukan oleh kelompok Handel Berseri sudah lama. Bahkan Pol PP pernah melarang untuk tidak melakukan aktivitas. “Kita pernah melarang dulu sempat berhenti tapi mereka buat lagi,” ujarnya. Dia menjelaskan selama musim hujan memang kelompok handel berseri ini sempat berhenti. Namun, usai musim hujan kelompok ini kembali melakukan aktivitad galian C. “Kalau ada pelanggaran kita segel tempatnya,” ujarnya.

Diketahui bahwa akibat aktivitas galian ini, ratusan hektare sawah milik warga mengalami kekeringan akibat tidak ada air. Pasalnya, aliran air mengikuti alur galian C yang lebih rendah. Sementara posisi bendungan menggantung. (*/Rio)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya