Aset Tanah Pemkab Mabar Belum Terdata, Ini Langkah Wabup Yulianus Weng

22/07/2021 02:20
wakil Bupati Mabar, Yulianus Weng
banner-single

LABUAN BAJO Jurnalbali.com

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sedang melakukan pembenahan bagian administrasi aset tanah milik Pemkab Mabar yang tersebar di beberapa titik di seluruh wilayah Manggarai Barat. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng pada, Rabu, 21 Juli 2021 di Labuan Bajo.

Pernyataan wakil Bupati Mabar ini menanggapi soal pemberitaan media ini sebelumnya soal Pemda Mabar yang tidak punya data berapa luas aset tanah milik Pemkab Mabar yang ada di dalam kota Labuan Bajo.

Ia menjelaskan bahwa Pemkab belum bisa memastikan berapa total luas aset tanah milik Pemda yang berada di dalam kota Labuan Bajo. Pasalnya, pihaknya masih mrlakukan pembenahan mulai dari awal.

“Kalau ditanya berapa luasan (aset tanah Pemda Mabar di dalam Kota Labuan Bajo) pasti belum punya (datanya). Karena sedang dibenahi pelan pelan kita benah dengan Pertanahan (BPN) Mabar,” ujarnya.

Menurutnya, pembenahan aset tanah milik Pemkab Mabar harus dasari pada penelusuran dokumen. Pasalnya, masih banyak aset tanah milik Pemkab Mabar yang dokumennya belum lengkap.

Selain dokumen, para saksi yang mengetahui aset tanah Pemda kebanyakan sudah meninggal dunia. Jadi Pemda sedikit mengalami kendala dalam melakukan penataan aset ini.

Meski demikian, pihak Pemda optimis bisa menyelesaikan pekerjaan penataan aset dalam waktu satu tahun kedepan. Pasalnya, pihak Pemda Mabar sudah membentukan tim penertiban aset.

“Jadi Pemda sudah membentuk tim untuk coba perlahan lahan mendata aset. Penanganannya inikan berlu data data hukum berupa dokumen Aset aset tanah,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pemerintahan sekarang harus bekerja keras untuk melengkapi dokumen aset tanah milik Pemda Mabar yang pada pemerintahan sebelumnya belum lengkap.

Baca Juga :   DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Desa/Kelurahan Layak Anak Tahun 2021

Karena itu, rencananya, pada Kamis 22 Juli 2021, Pemda Mabar akan menggelar rapat dengan BPN Mabar untuk membahas aset aset tanah Pemda Mabar yang ada di dalam kota Labuan Bajo. “Kendalanya didokumen apalagi saksi sejara yang menyerahkan tanah ini dulu sudah banyak yang meninggal,” ujarnya. (*/Rio)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya