Pesawat yang Ditumpangi Uskup Ruteng Mampu Terbang 2,5 Jam. Ini Kualifikasinya

01/08/2021 02:25
pesawat Turbo Prop Jet - Type Avanti P180. (FOTO/Ist)
banner-single

DENPASAR Jurnalbali.com

Pesawat yang ditumpangi Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat ke Jakarta Jumat (30/7) pagi untuk berobat di RS Santo Carolus Boromeus Jakarta  karena positif terpapar covid-19 memang bukan pesawat sembarangan.

————————-

Pesawat tersebut adalah pesawat Jet dari Susi Air yang biasa dipakai oleh mantan Menteri Perikanan dan kelautan Susi Pujiastuti. Pesawat tersebut tergolong pesawat Jet Pribadi, dengan interior yang terbilang mewah.

Seorang pengusaha penyewaan pesawat pribadi yang tak mau disebutkan identitasnya saat ditmui di Denpasar, Minggu 1 Agustus menjelaskan, pesawat yang membawa Uskup Ruteng tersebut adalah pesawat Turbo Prop Jet – Type Avanti P180.

Pesawat tersebut bermesin baling baling, mampu menjelajahi angkasa selama 2,5 jam. Artinya dengan kapasitas jam terbang langsung tanpa transit seperti itu, masuk akal bila pasawat tersebut terbang langsung dari Bandara Frans Sales Lega Ruteng menuju Cengkareng Jakarta.

Disebutkan bahwa pesawat jet pribadi bermesin baling-baling Type Avanti P180 tersebut interiornya memang standar pesawat pribadi dengan hanya 7 seat didalamnya.

‘Untuk penumpang pasien covid memang ada standarnya sendiri. Biasanya, pasien tidak duduk layaknya penumpang biasa. Tetapi di dalam pesawat telah disiapkan semacam incubator. Biasanya pasien covid dimasukan ke dalam incubator yang dirancang nyaman bagi pasien untuk tidur sepanjang perjalanan,’ ujarnya. 

Dikatakan, salah satu keistimewaan pesawat Turbo Prop Jet – Type Avanti P180 adalah bias mendarat di bandara kecil yang panjangnya hanya 1.000 meter.

Berapa biaya sewa pesawat tersebut? Angka sewanya memang lumayan fantastis. Kalau penerbangan langsung dari Ruteng ke Jakarta, diperkirakan antara 500 sampai 600 juta rupiah sekali penerbangan.

‘Hanya saja masing-masing operator tentu saja punya tariff yang berbeda. Tidak ada keseragaman tariff untuk pesawat jet pribadi,’ ujarnya.

Baca Juga :   Program 'Desa Wisata Digital' SMSI Bali Disambut Positif Kemenparekraf

Diberitakan sebelumnya, Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat, diterbangkan dengan ambulans udara ke Jakarta pada Jumat (30/7) pagi. Ia hendak menjalani isolasi di RS Santo Carolus Boromeus Jakarta setelah terkonfirmasi positif covid-19.

Informasi keberangkatan Uskup Siprianus awalnya diketahui melalui video yang beredar di aplikasi pesan WhatsApp. Dalam video tersebut, tampak Uskup Siprianus mengenakan pakaian berwarna hitam. Ia tampak kontras dengan empat lainnya yang mengenakan APD hazmat berwarna putih. (*/Sin)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya