Peringati Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKN Unud Ajari Siswa SD Kenali Potensi Desa Undisan

23/07/2022 01:40
Program KKN, Mahasiswa Udayana mengajar siswa siswi SD di Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, sabtu (23/7/2022). Tampak para mahasiswa KKN foto Bersama para siswa SD. (FOTO/Ist)
banner-single

TEMBUKU,Jurnalbali.com –

Memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, mahasiswa Universitas Udayana yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli menggelar program mengajar pada anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa tersebut. Kegiatan mengajar tersebut dilaksanakan di salah satu SD yang terdapat di Desa Undisan pada hari Sabtu, (23/7/2022).

—————

Adapun rangkaian kegiatan mengajar yang dilakukan berupa sosialisasi dan penanaman bibit sayur dengan menyasar seluruh siswa dan siswi kelas 5 dan 6 yang ada di sekolah tersebut.

Kordinator Desa KKN Desa Undisan, I Komang Vikky Aditya Karuniawan mengatakan kegiatan tersebut penting untuk dilakukan karena adanya penurunan minat generasi muda, khususnya di Desa Undisan untuk menjadi petani.

Vikky mengatakan Desa Undisan merupakan Desa Wisata yang berbasis pertanian sehingga generasi muda perlu ditanamkan sejak dini tentang pentingnya pertanian bagi Desa Wisata Undisan.

“Sosialisasi ini penting dilakukan untuk menanamkan minat generasi muda Desa Undisan untuk bertani, jika generasi muda enggan untuk menjadi petani maka Desa Wisata Undisan yang berbasis pertanian tidak akan bertahan lama” ungkapnya pada Sabtu (23/7).

Selain melakukan sosialisasi penanaman bibit sayur, Vikky mengatakan pihaknya juga melakukan sosialisasi cara cuci tangan serta kebersihan gigi dan mulut.

“Kami juga sekaligus melakukan kegiatan sosialisasi cara cuci tangan karena setelah menanam bibit, tangan adik-adik kotor, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kebersihan gigi dan mulut,” ungkapnya.

Kepala Desa Undisan, I Ketut Suardikayasa mengatakan pihaknya sangat merasa terbantu dengan program Mahasiswa KKN. Pihaknya berharap program ini dapat membangun kesadaran generasi muda terhadap potensi desanya.

“Kami merasa sangat terbantu dan semoga generasi muda Desa Undisan bisa lebih sadar dengan potensi desanya, karena generasi mudalah yang kelak akan melanjutkan kepemimpinan di Desa Undisan,” ungkapnya pada Sabtu (23/7). (*/BK)

Baca Juga :   Manggarai Diguncang Gempa, Warga Kota Reok Berhamburan Keluar Rumah

Penulis|Gilbert Kurniawan Oja|Editor|Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya