Pertama Kali Esports Resmi Jadi Cabor Eksibisi di PON

19/08/2021 02:33
Para nara sumber di press conference secara virtual soal Esport dipertandingkan eksibisi di PON Papua. (FOTO/ist)
banner-single

DENPASAR  Jurnalbali.com –

Cabang olahraga (cabor) Esport untuk pertama kalinya dalam sejarah Esports menjadi cabor eksibisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020  yang digelar tahun 2021 di Papua pada 2-15 Oktober 2021. “Pertama kali dalam sejarah Esport cabor ini masuk dalam rangkaian PON,” tutur Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. dalam keterangan pers, Rabu (18/08/2021) secara virtual.

————————

Eksibisi Esports PON XX  Papua 2021 akan mempertandingkan tiga cabang gim yakni eFootball PES 2021, Mobile Legends dan Free Fire.

Diharapkannya, masuknya esports di PON akan memberikan kesempatan bagi para pecinta olahraga ini untuk bertanding dan membawa nama besar daerah masing-masing.

Selain itu, momen ini merupakan wadah bagi PB ESI dalam memantau bibit-bibit atlet potensial yang tersebar di Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kemenpora dan KONI menyatakan Esports secara resmi menjadi cabor prestasi dengan bergabungnya PB ESI yang dikomando Ketua Umum Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si.

“Nanti atlet-atlet esports terbaik dalam Eksibisi pada PON XX Papua 2021 akan mendapatkan kesempatan menjalani pemusatan latihan di Pelatnas dan dibina langsung PB ESI. Mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti turnamen-turnamen esports internasional dan mewakili Indonesia untuk mengikuti kejuaraan multievent seperti Sea Games, Asian Games dan lainnya,” jelas Bambang Sunarwibowo.

PB ESI juga akan merilis platform digital khusus yang dikelola untuk memajukan olahraga esports Tanah Air yang diberi nama Garudaku.

Dalam Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, platform digital yang secara resmi berada di bawah naungan PB ESI ini diperkenalkan pertama kali dan digunakan dalam penyelenggaraan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. Garudaku akan digunakan mulai dari proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. Aplikasi ini dapat diakses melalui https://garudaku.com/pon

Baca Juga :   NTT Pasca Dilumat Bencana, Ini Saran Kepala BI Perwakilan Bali

Sekjen PB ESI Frengky Ong menambahkan, untuk tahap pendaftaran, calon peserta harus mendaftarkan diri di platform Garudaku. Tahap pendaftaran akan dibuka 18 Agustus 2021. 

Peserta yang ikut harus mewakili daerah masing-masing sesuai dengan daerah domisili di KTP atau KIA. Setelah pendaftaran ditutup tahap selanjutnya babak kualifikasi yang akan diselenggarakan 26 Agustus-5 September 2021.

Khusus untuk eFootball PES 2021 akan dibagi menjadi 6 Grup. Terdiri Grup A dihuni DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DIY dan Jatim, Grup B terdiri dari Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim dan Kaltara. Sedangkan Grup C dihuni Sulut, Sulteng, Sulsel, Sulbar dan Sultra. (*/Arp)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya