Reuni 2024, Alumni Daller’s 85 SMA Negeri 526 Ruteng, Gelar Aksi Sosial dan Edukasi Lingkungan

27/06/2024 02:22
Array
Anggota Alumni Daller’s 85 mengumpulkan sampah-sampah di beberapa pantai sepanjang pesisir kota Labuan Bajo. (FOTO//Edo)
banner-single

LABUAN BAJO,Jurnalbali.com

Tak kurang dari 40 orang alumni angkatan 1985 SMA Negeri 526 Ruteng, (kini SMA Negeri 1 Ruteng) yang lebih dikenal dengan julukan Daller’s 85, menggelar reuni tahun 2024 di ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo pada Sabtu 22 hingga Minggu 23 Juni 2024. Salah satu kesepakatan yang dicapai dalam reuni 2024 adalah menggelar reuni tahunan, sebagaimana yang telah dilakukan selama tahun-tahun sebelumnya. Pada Tahun 2025 mendatang, direncanakan reuni dilakukan di Denpasar, Bali.

———-

Reuni, lazimnya dijadikan ajang temu kangen, kumpul-kumpul kawan lama umumnya diisi dengan kegiatan-kegiatan sendagurau atau bercengkrama dan berwisata. Namun tidak dengan alumni Angkatan 1985, SMA Negeri 526 Ruteng yang menggelar reuni di Labuan Bajo.

Para anggota Alumni Dallers 85 yang mayoritas purna tugas ini mengisi kegiatan reuni dengan aktifitas-aktifitas edukatif. Mereka berkegiatan mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dengan membersihkan sampah serta menyumbang beberapa tonmg sampah kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Selain kegiatan edukasi lingkungan, anggota Daller’s 85 juga melakukan beberapa aksi kemanusiaan yang wujudnya adalah mengunjungi dan memberi bantuan kepada beberapa panti asuhan dan panti jompo di seputar kota Labuan Bajo.

Salah seorang pemrakarsa reuni Alumni Daller’s 85, Vinsensius Jemadu menyerahkan secara simbolis beberapa tong sampah kepada Pemerintah kabupaten Manggarai Barat, yang diterima langsung Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng. Penyerahan dilakukan di rumah kediaman Wakil Bupati manggarai Barat, pada Minggu 23 Juni 2024.

Usai menerima sejumlah tong smpah tersebut, seluruh anggota alumni  Daller’s 85 dijamu makan siang oleh Wakil Bupati Yulianus Weng.

Saat penyerahan secara simbolis tong sampah tersebut, Vinsensius Jemadu yang tak lain adalah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, berpesan bahwa Pemerintah kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo punya tanggungjawab tak ringan dalam menjaga kelangsungan dan kelestarian destinasi wisata Labuan Bajo yang berpredikat Destinasi Wisata Premium.

Baca Juga :   Rayakan HUT ke-7, Media Sudut Pandang Gelar Seminar Nasional Bertajuk Bali Move On

‘Sampah adalah masala usang yang selalu menjadi momok bagi keindahan destinasi wisata. Apalagi Labuan Bajo ini sebagai destinasi wisata Premium. Masalah sampah bisa menjadi persoalan serius bagi predikat premium,’ kata Vinsen yang tak lain adalah mantan anak jurusan IPA SMA Negeri 526 Ruteng dan pernah belajar di Seminari Pius XII Kisol.

Sementara Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng menyambut gembira prakarsa yang dilakukan para alumni Daller’s 85.

‘Atas nama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan teman-teman Daller’s 85 ini. Tentu kami berharap kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat ditularkan kepada masyarakat lain, sehingga terlihat bahwa tanggungjawab menjaga dan merawat destinasi wisata Labuan Bajo ini adalah tanggungjawab bersama,’ ujar wakil Bupati yang akan maju lagi dalam Pilkada Manggarai Barat yang tetap berpasangan dengan Editasius Endi sebagai calon Bupati.

Ketua Alumni Daller’s 85, Silvester Hadir kepada media ini menjelaskan, bahwa anggota Alumni Daller’s 85 kini menyebar di seantero Indonesia kecuali di Sumatra bagian Utara seperti Aceh. Di wilayah lainnya, ada saja anggota Alumni Daller’s 85 berkarya di situ.

‘Anggota kita tersebar di Papua, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, NTB dan tentu saja di NTT. Reuni macam ini rutin kita lakukan, kecuali waktu pandemi covid’19 kali lalu, kita reuni via zoom atau online saja,’ ujar mantan pejabat eselon II Kabupaten Manggarai ang cukup dikenal luas lantaran gaya bicaranya yang kocak mengocok perut audience. 

Penulis||Bily||Editor||Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya