Wagub Cok Ace Lepas keberangkataan 150 Anggota Pramuka Bali Ikuti Jambore Nasional

07/08/2022 03:17
Wakil Gubernur Bali Cok Ace berpose bersama seluruh kontingen Kwarda Pramuka Bali (Foto/ist)
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com –

Wakil Gubernur Bali dalam Pelepasan Kontingen Jambore  Nasional Kwarda Bali, Minggu (Redite Kliwon, Medangkungan), 8 Agustus 2022 di Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali menyampaikan bahwa setiap kontingen agar mendedikasikan diri untuk membawa misi kemanusiaan, persaudaraan, dan perdamaian.

———–

Selalu menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen.

Sebagai Ketua Harian Mabida Gerakan Pramuka Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace berpesan agar pengalaman dan ilmu yang didapat dapat ditularkan kepada adik-adik lain di sekolah, kwarcab dan gugus depan.

“Harapannya mereka menjaga nama baik Bali, belajar dari daerah lain bagaimana persatuan NKRI serta bisa berpikir lebih luas tentang wawasan nusantaranya di Bali,” ujar Cok Ace.

Di lain pihak Ketua Kwarda Bali, Made Rentin menyampaikan bahwa kontingen bali pada puncak peringatan hari kemerdekaan Indonesia yaitu pada 17 Agustus 2022 akan diberikan kesempatan tampil istimewa.

Bali dalam kesempatan tersebut akan membawakan kisah kolosal Ramayana yang menceritakan kisah penculikan Dewi Shinta oleh Rahwana dan diselamatkan oleh Laksmana serta Kera Putih Anoman untuk kembali ke dekapan Sri Rama.

Kehadiran kontingen Bali selalu dinanti oleh kontingen dari daerah lainnya karena selalu menjadi favorit dengan ciri khas kekayaan seni dan budayanya.

Kontingen Bali dalam Jambore Nasional IX yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur pada 14-21 Agustus 2022 berjumlah 150 orang dari 8 kwartir cabang se-Bali yaitu Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Bangli, Karangasem, Buleleng dan Denpasar.

Baca Juga :   Menteri Pariwisata : Jika tak Diselamatkan, Pantai Pandawa Hanya Sampai Maret

Kontingen akan berangkat melalui jalur darat pada 11 Agustus 2022 dan diprediksi akan tiba pada 12 Agustus 2022.

Sementara Ketua Kwarda Bali, Made Rentin menyampaikan Jamnas XI ini, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali mengirim kontingen dengan jumlah 150 orang terdiri dari Pramuka Penggalang Putra 64 orang, Pramuka Penggalang Putri 64 orang, pembina pendamping putra 8 orang, pembina pendamping putri 8 orang, pimpinan kontingen daerah 5 orang, dokter kontingen 1 orang.

Rentin menjelaskan Pramuka Penggalang dan pembina pendamping merupakan utusan dari 8 Kwartir Cabang se-Bali yaitu Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Bangli, Karangasem, Buleleng dan Denpasar. Kontingen Kwarda Bali akan berangkat melalui jalur darat tanggal 11 Agustus 2022. Pendanaan sepenuhnya ditangung Kwartir Cabang masing-masing. ”Kwarda Bali hanya menyediakan baju kaos kontingen dan jaket berasal dari bantuan Bank BPD Bali,” pungkasnya. (*/Bil)

Penulis|Gilbert Kurniawan Oja|Editor|Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya