SMSI Bali Umumkan Pemenang Lomba News Konten Kreator

23/02/2022 04:20
Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI Vinsensius Jemadu serahkan hadiah secara simbolis kepada pemenang lomba. (FOTO/Ist)
banner-single

KARANGASEM, Jurnalbali.com –

Serangkaian kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kerja sama Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali, Dewan Juri mengumumkan tiga pemenang Lomba News Konten Kreator Penguatan Destinasi Desa Wisata di Museum Pustaka Lontar Desa Dukuh Penaban, Kel/Kab Karangasem, Bali, Selasa (22/2/2022).

Sebelum membacakan para pemenang I Gusti Ngurah Dibia selaku perwakilan Dewan Juri (Dewa Sastra, I Gusti Ngurah Dibia dan Wahyu Siswadi) di penghujung acara FGD memaparkan beberapa poin dan kriteria yang mendasari penilaian Dewan Juri News Konten Kreator.

“Untuk kriteria gramatikal atau tata bahasa, teknis penulisan, pemenuhan kaidah jurnalistik seperti akurasi data, keberimbangan dan sesuai fakta. Sedangkan kriteria IT dinilai dari google analytics, viewer, share, dan engagement,” ungkap Ngurah Dibia yang juga Pemimpin Redaksi barometerbali.com ini.

Selain itu disebutkan pula kriteria penilaian juri dari sisi materi berupa orisinalitas dan kesesuaian tema, wawasan atau pemahaman terhadap desa wisata. “Materi penulisan dinilai juga apakah memuat unsur inspiratif, edukatif, mudah dipahami, dan mampu menimbulkan kesan positif,” tambahnya.

Pengumuman pemenang disahkan dengan Surat Keputusan No: 29/SMSI-A/II/2022 tentang Hasil Penilaian Dewan Juri Lomba News Konten Kreator berdasarkan rapat Dewan Juri pada tanggal 20 Februari 2022 di Gedung PWI Bali.

Deputi Kemenparekraf RI Vinsensius Jemadu menyerahkan hadiah juara Pertama Lomba News Konten Kreator kepada yang mewakili Ni Kadek Novi Febriani dari media radarbal.id

Hasilnya, terpilih tiga pemenang dari lima besar dalam lomba yang diikuti 16 peserta, yang merupakan wartawan media lokal di Bali.

Terpilih sebagai juara pertama adalah Ni Kadek Novi Febriani dari media radarbali.id dengan judul berita “Pesona Desa Wisata Temukus yang Masih Terbungkus” dan berhak atas uang Rp3 juta.

Baca Juga :   Refleksi Hari Pers Nasional 2022, Pers Harus Kuatkan Fungsi Edukasi di Era Disrupsi

Disusul juara kedua Ni Luh Dian Suryantini dari baliexpress.jawapos.com dengan judul berita “Unik, Menggantung Ari-Ari di Tigawasa sebagai Penghormatan 4 Saudara” dan menerima uang tunai Rp2 juta.

Sedangkan juara ketiga jatuh kepada Angga Wijaya dari media gemabali.id dengan judul berita “Kampung Loloan, Mutiara Terpendam di Bali Barat”, yang menerima uang Rp1 juta.

Untuk juara ketiga hadiah diserahkan oleh Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja (Edo), juara Kedua Kadis Pariwisata Prov Bali Tjok Bagus Pemayun dan juara pertama hadiah diserahkan oleh Deputi Kemenparekraf RI Vinsensius Jemadu. Selain uang tunai, untuk juara 1 hingga 3 juga menerima plakat dan piagam. Sedangkan lima besar menerima piagam penghargaan. (*/Bil)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya