Lengkapi Sarana Pariwisata, Bali Dirancang Jadi Sentra Medical Tourism Dunia

29/10/2022 09:53
Wakil Gubernur Bali, Coak Ace diwawancarai wartawan saat usai mengikuti rapat paripurna DPRD Bali, (FOTO/Bil)
banner-single

GIANYAR, JurnalBali.com – 

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, mengharapkan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit mampu memberikan pelayanan paripurna kepada pasien termasuk dari sisi komunikasi dalam pemberian pelayanan. “Bukan hanya dari sisi medis namun juga non medis, memberikan pelayanan holistik, tulus ikhlas dan profesional,” tukas Wagub dalam acara Peresmian RS Kenak Medika di Jalan Raya Mas Ubud, pada Jumat (28/10) petang.

—————-

Ditambahkannya, Rumah Sakit adalah fasilitas untuk memberikan layanan kesehatan, sekaligus pula menjalankan fungsi sebagai suatu layanan sosial dan tempat berkumpulnya para profesional untuk tujuan memberikan kesembuhan pasien.

Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini, menekankan bahwa kedepannya Bali akan dirancang sebagai sentra medical tourism dunia, dengan dukungan penuh pemerintah pusat berkolaborasi dengan berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah di sektor kesehatan.

“Orang dari berbagai negara akan berobat ke Bali. Didukung pula kebijakan ‘second home’ dimana wisatawan bisa tinggal di Bali hingga 10 tahun dan menurut survei Ubud adalah kawasan favorit untuk tinggal. Tentu persyaratannya fasilitas kesehatan jadi vital, harus berkualitas. RS Kenak Medika ini bisa jadi jawaban,” kata sosok penglingsir Puri Ubud ini.

Lebih jauh, Wagub Cok Ace lewat 6 pilar transformasi kesehatan yang disuarakan Kementerian Kesehatan, maka peran rumah sakit akan jadi yang utama untuk memberikan layanan kesehatan pada masyarakat.

“Adalah komitmen Provinsi Bali untuk memberikan layanan kesehatan masyarakat. Maka dibangunnya fasilitas Rumah Sakit baru ini saya sambut baik untuk mempercepat transformasi di bidang kesehatan di Provinsi Bali,” kata Guru Besar ISI Denpasar ini.

Sementara itu, Komisaris Utama RS Kenal Medika Gusti Ngurah Putra  mengucapkan rasa terima kasih kepada Wagub Cok Ace serta pemerintah Provinsi Bali secara umum atas perhatian dan dukungan pada RS Kenak Medika yang telah menggelar soft launching pada April 2021 silam.

Baca Juga :   Terkait Verifikasi Media, Dewan Pers Beri Kesempatan SMSI Daftarkan Anggotanya

“Saat itu, bapak Wagub juga hadir, menandatangani prasasti. Sekarang pada peresmiannya juga berkenan hadir. Sekali lagi matur Suksma, ” kata Ngurah Putra.

Ngurah Putra pun berharap, keberadaan RS Kenak Medika yang dicetuskan oleh profesional berusia muda ini bisa berkontribusi terhadap lingkungan dan komunitas sekitar. “Mampu memberikan layanan kesehatan guna mewujudkan  komunitas yang sehat, produktif dan daya saing tinggi,” ujarnya lagi.

Penulis|Editor|Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya