Fisipol Unwar Gelar Pemberdayaan Pemilih Pemula di Sesetan

09/07/2024 09:07
Array
Para nara sumber Literasi Politik yang digelar Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Warmadewa- (FOTO/Edo0
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com

Menyosong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, dengan menggelar literasi politik di Desa Sesetan Denpasar, tepatnya di Lantai 2 Ruang Sidang BRIN Sesetan, pada Kamis, 20 Juni 2024. Kegiatan tersebut mengambil tema ‘Pemberdayaan Politik Pemilih Muda di Desa Sesetan, Menuju Pilkada Serentak Thaun 2024.’

———-

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa nara sumber dengan kompetensi masing-masing. Mereka adalah Ketua Bawaslu Kota Denpasar, I Putu Hardy Sarjana, dan Pegiat Literasi Digital
Dimas Fadhil dengan moderator Carolina Augi Widya Putri yang tak lain adalah Peneliti Laboratorium Riset Politik dan Perubahan Sosial, Fisip Unwar.

Ketua Pengabdian Masyarakat, yang juga Dosen aktif program studi Ilmu Pemerintahan, Fisip Unwar, Anastacia Patricia Novlina Nurak, S.IP., M.I.P kepada media menjelaskan kegiatan yang diikuti puluhan peserta tersebut dilaksanakan dengan menyasar para Pemilih Muda di Desa Sesetan. Kualifikasi peserta kegiatan didasarkan pada pandangan bahwa Pemilih pemula adalah mereka yang belum pernah menggunakan hak suaranya di Pemilu/Pemilihan. Karena baru berusia 17 tahun, termasuk purnawirawan TNI dan Polri yang baru punya hak suara setelah pensiun.

‘Kami dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa, ingin melakukan Pemberdayaan Politik menuju Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 pada November nanti,’ ujar Anastacia Patricia Novlina Nurak.

Kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh anggota DPRD Terpilih 2024-2029 Dapil Denpasar Selatan, Yonatan Andre Baskoro, SH., LL.M., M.AP bekerjasama mengarahkan konstituennya yang merupakan warga Denpasar Selatan untuk bergabung dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Dukungan dana atas kegiatan ini juga dating dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Warmadewa, yang juga difasilitasi oleh KKB BRIN Denpasar yang beralamat di Jalan Raya Sesetan no.80 Denpasar Selatan.

Baca Juga :   Peringati Hari Pancasila Bersama Masyarakat Desa, Miris Subak Balangan Krisis Air 

Turut hadir mengikuti kegiatan tersebut adalah Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan, Drs. I Wayan Sudana, M,Si.
Lebih lanjut, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu poin penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pengajaran dan Penelitian, yakni dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat. Desa Sesetan menjadi menarik karena memiliki jumlah pemilih muda yang cukup tinggi.

Sementara itu, Bawaslu Kota Denpasar yang diwakili I Putu Hardy Sarjana menyampaikan  informasi penting seputar pelaksanaan pemilukada dari Bawaslu seperti tanggal pelaksanaan pemilukada pada  27 November 2024 yang terdiri dari Pemilihan Lokal : Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di 34 Provinsi Pemilihan Kepala Daerah : Pemilihan Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Walikota di 514 Kabupaten/ Kota termasuk di Provinsi Bali. Informasi dari bawaslu yang dipaparkan seperti pada gambar dibawah ini…

Nara sumber lainnya, Dimas Fadhil yang merupakan pegiat literasi digital sekaligus pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah LMS Cek Fakta Juni 2023 – Mei 2024 dari Mafindo (MAFINDO adalah Organisasi Kemasyarakatan yang bertujuan mensosialisasikan literasi digital, bahaya hoaks dan menciptakan imunitas terhadap hoaks di masyarakat Indonesia) ikut memberikan informasi penting dalam pemberdayaan politik pemilih muda di Sesetan tersebut.

Penulis||Bily||Editor||Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya