Faisal Basri Sebut Ekonomi Negara Pulih Jika Penyebaran Covid Terkendali

18/09/2020 06:08
banner-single

Jakarta – Ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengatakan hampir semua negara di dunia mengutamakan pengendalian penyebaran Covid-19 sebelum menyelamatkan ekonomi. Negara seperti Selandia Baru, Finland, Jerman, Singapore, Malaysia, dan Thailand yang mengendalikan virus, kata dia, sudah mulai membuka pariwisata.

“Indonesia masih di-blacklist karena reputasi menangani Corona terburuk keempat di dunia. Jadi sadar tidak sadar, kita dihukum oleh dunia gara-gara tidak becus menangani pandemi ini,” kata Faisal dalam diskusi dengan Dewan Perwakilan Rakyat komisi VI, Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020.

Dia menuturkan Italia dan Spanyol kasus penyebaran Covid-19 masih naik seperti di Indonesia, namun terkendali sehingga perekonomian susah pulih. Untuk mempercepat pengendalian penyebaran, kata dia, testing Covid-19 harus diperbanyak.

Saudi Arabia, kata dia, juga kasusnya naik terus, namun testing diperbanyak sehingga penyebaran terkendali. 

Dia melihat data di beberapa negara itu, bahwa pada saat testing dengan hasil positif, langsung dilakukan isolasi dan dilakukan penelusuran kontak sehingga penyebaran covid bisa dikendalikan. Sedangkan di Indonesia, menurutnya, pemerintah tidak memiliki strategi testing.

 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1381250/faisal-basri-sebut-ekonomi-negara-pulih-jika-penyebaran-covid-terkendali

Baca Juga :   Pasien Sembuh Covid-19 di Denpasar Melejit, Ini Angkanya

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya