Pastikan Persiapan Pengamanan Presidensi G-20, Dewan Bali Koordinasi dengan Polda

31/05/2022 01:07
Anggota DPRD Bali, berfoto bersama Kapolda Bali dan jajaran usai rapat koordinasi pengamanan G-20. (FOTO/Chy)
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com –

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Presidensi G-20 yang puncaknya akan dilaksanakan November 2022 di Bali, berbagai persiapan terus dilakukan Pemprov Bali, baik dari sisi infrastruktur maupun keamanan. Untuk memastikan dukungan keamanan yang memadai, DPRD Provinsi Bali bersama Polda Bali dan jajarannya telah melakukan rapat kordinasi dengan agenda persiapan Presidensi G-20. Rapat Koordinasi dilakukan di Ruang Bamus kantor DPRD Bali, Senin 30/5/2022.

—————–

Rapat tertutup yang berjalan selama dua jam tersebut, dihadiri langsung Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si dan diterima oleh Wakil DPRD Bali Tjokorda Asmara Putra Sukawati bersama Ketua Komisi I dan anggota.

Ditemui usai rapat kepada media, Tjokorda Asmara Putra mengatakan, pertemuan dengan Kapolda Bali beserta jajarannya tersebut merupakan silaturahmi atau koordinasi dalam rangka persiapan Presidensi G-20 nanti.

DPRD Bali pada kesempatan itu juga ingin mendengar keterangan yang disampaikan Polda Bali. Pihaknya menilai, tampaknya seluruh persiapan pengamanan sudah sangat siap, terutama dari sisi keamanan.

“Bali sangat siap untuk even internasional G20 yang akan dihadiri banyak negara, dan terbukti dengan lancarnya IPU dan juga CPO, dan mereka sangat senang melakukan sidang di bali Khususnya Nusa Dua, apa yang dilakukan polda bali sudah maksimal sekali,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk event G20 nanti akan ditingkatkan lagi dari sisi keamanannya. Melihat kepercayaan dunia terhadap Bali, sehingga bali akan dijadikan pilot project terkait apa yang dipersiapkan dan akan dilakukan nanti pada G20 bulan November nanti.

“Dengan penerapan keamanan pertemuan tingkat dunia di Bali, semoga nanti akan dijadikan contoh di negara-negara lain,” jelasnya.

Sementara mengenai anggaran pengamanan yang diperlukan oleh Polda Bali, Tjok Asmara menyampaikan pihaknyan masih menunggu dari polda bali sendiri. Apa saja yang bisa dibantu dalam pengamanan, selanjutnya akan di kordinasikan dengan badan anggaran, termasuk dengan eksekutif.

Baca Juga :   Polda dan Polres Seluruh Bali Dapat Pelatihan Jurnalistik Dari SMSI

Sementara Kapolda Bali, Danu Putra menyampaikan, pihaknya melakukan rapat kordinasi dan evaluasi dengan DPRD bali, khususnya komisi l yang membidangi keamanan dan telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan tugas kepolisian dalam pengamanan Bali.

Polda Bali akan berusaha semaksimal mungkin melakukan pengamanan setiap event yang ada di Bali. Selain juga akan menerima masukan-masukan dari DPRD demi sempurnanya pelaksanaan nanti dan Untuk Pengamanan G20 sendiri polda bali telah mempersiapkan 6.625 personil yang tergabung dari Polda Bali dan BKO dari mebes polri

“Tadi juga mendapat masukan-masukan dari Dewan, nantinya akan dijadikan PR agar sempurnanya penanganan kegiatan di Bali terkait keamanan,” ujarnya

Danu putra juga menegaskan saat ini mereka sangat membutuhkan dukungan dari Anggota DPRD Bali. “Anggota DPRD adalah wakil rakyat yang punya suara politik dan tentu itu dukungan yang kami butuhkan untuk kegiatan-kegiatan kedepannya tugas-tugas kepolisian” tututnya. (/*Chy)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya