Wawali Arya Wibawa Serahkan Piala Bergilir Lomba Ogoh-Ogoh Mini Banjar Beraban

01/03/2022 07:42
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara resmi menyerahkan Piala Bergilir Lomba Ogoh-Ogoh Mini ST. Dharma Putra, Banjar Beraban, Denpasar. (FOTO/Hms)
banner-single

DENPASAR, Jurnalbali.com –

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara resmi menyerahkan Piala Bergilir Lomba Ogoh-Ogoh Mini ST. Dharma Putra, Banjar Beraban, Denpasar ke-3 Minggu (27/2). Pelaksanaan lomba tersebut merupakan rangkaian menyambut Hari Suci Nyepi Caka 1944 Tahun 2022 serta upaya memberikan ruang kreatifitas bagi kreator ogoh-ogoh di masa pandemi Covid-19 saat ini.

————–

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Kota Denpasar, I Gede Westra, Camat Denpasar Barat, IB Purwanasara serta panglingsir Banjar Beraban.

Dalam lomba Ogoh Ogoh mini tahun ada 2 katagori yang dilombakan yakni katagori Tradisional dan katagori Modern. Adapun yang berhasil  menjadi juara I katagori tradisional adalah I Robert dengan judul Ogoh Ogoh Roga Sanghara Bhumi, dan berhak atas piala bergilir Walikota Juara II diraih  diraih Mang Yoga dengan judul karya Amuk Segara dan  Juara III diraih AKA JRX dengan judul karya Kumbakarna Bela Pati Alengka.

Juara Harapan I diraih Yogi Swara dengan judul karya Kala Anggon, Juara Harapan II diraih Kata Bhizer dengan judul karya Kungkang Brahma, dan Juara Harapan III diraih Bracuk dengan judul karya Boma Pralaya.

Sedangkan Kategori Modern Juara I diraih Tu Adi Art dengan judul karya Ogoh Ogoh Kalaning Raja Buruh, Juara II diraih Mang Wira dengan judul karya Sang Dora Kala dan Juara III diraih I Putu Kardinatha dengan judul karya Kama Salah.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa usai menyerahkan piala bergilir memberikan apresiasi terhadap Lomba Ogoh-Ogoh Mini ST. Dharma Putra, Banjar Beraban, Denpasar ke-3 serangkaian  menyambut Hari Suci Nyepi Caka 1944. Hal ini tentu menjadi kegiatan positif ditengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19 saat ini. Namun demikian inovasi dan kreatifitas anak muda harus tetap tumbuh.

Baca Juga :   Serangan Covid-19 di Bali Masih Mengkhawatrikan

“Kita harus terus berinovasi, terus berkreatifitas, inovasi dan kreatifitas anak muda ini harus tetap tumbuh meski di masa pandemi, namun yang produktif dengan tetap disiplin menerapkan  protokol kesehatan,” ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut dikatakan, melalui lomba ini diharapkan kreatifitas sekaa teruna dalam bidang karya ogoh-ogoh dapat tertampung dan dapat dinikmati oleh pecinta Ogoh ogoh. Terlebih hasil karya dari insan muda Denpasar dan juga seluruh Bali ini sangat menginspirasi dan telah menggunakan unsur-unsur teknologi.

Dimana, karya ogoh-ogoh saat ini sudah berkembang pesat. Sehingga tak hanya menampilkan wujud ogoh-ogoh mini, namun juga menampilkan sketsa hingga alur cerita dalam konsep ogoh-ogoh. Sehingga tantangan saat ini dalam keterbatasan yang ada dapat  tetap produktif, berinovasi dan berkreativitas.

“Harapan saya saat ini dalam masa pandemi dapat memberikan solusi, dan wadah kreatifitas anak muda dalam berkespresi dan berharap pandemi ini segera berakhir,” ujarnya.

Ketua Panitia  Lomba Ogoh-Ogoh Mini ST. Dharma Putra, Banjar Beraban, Denpasar ke-3, I Wayan Paramartha Anthavijaya mengatakan, ogoh-ogoh menjadi prosesi unik di Kota Denpasar dengan kreativitas sekaa teruna yang ada. Sehingga pada situasi pandemi saat ini ST. Dharma Putra menggelar lomba Ogoh-ogoh mini sebagai wadah kreatifitas para kreator ogoh-ogoh. Sehingga diharapkan mampu membangkitkan semangat berkompetisi menghadirkan berbagai inovasi di bidang karya seni ogoh-ogoh.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi media pengembangan kreativitas dan wawasan pemuda, sekaligus menjadi stimulan bagi penyelenggara kegiatan serupa di kemudian hari, serta berharap mampu terus mengembangkan kegiatan ini secara berkelanjutan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kegiatan Lomba Ogoh-Ogoh Mini ST. Dharma Putra, Banjar Beraban, Denpasar ini telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraanya. Dimana, tahun ini diikuti total 47 peserta yang merupakan gabungan Katagori Modern dan Tradisional. (*/Hms)

Baca Juga :   Menteri Airlangga Hartarto Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Phula Kerti Sesetan

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya