Beredar Screen Percakapan WA yang diduga Pemilik Hotel Loccal Collection Dengan Mantan Chief Accounting

24/10/2023 12:57
Array
Ilustrasi manipulasi pajak. (FOTO/ilustrasi)
banner-single

LABUAN BAJO, Jurnalbali.com – 

Beredar screenshoot percakapan di group WA Forum Peduli Mabar (FPM) yang diduga dilakukan oleh Owner Hotel Loccal Collection inisial N dan mantan Chief Accounting RDL. Dalam percakapan itu tampak N memerintahkan RDL untuk membuat laporan pajak sekecil mungkin. Bahkan  ada perintah dari N kepada RDL agar buat laporan pajak hingga 20 %.

———–

“Renold kita mau laporkan kecil pajak bulan ini. Kamu pastikan angka yang masuk ke system ya. Biar gubernur tau efeknya,” bunyi pesan N kepada RDL. Pesan WA ini pun langsung dibalas oleh RDL. “Sy sdh buat dibawah 50% pak,” jawab RDL.

Pesan dari RDL ini pun langsung  dibalas oleh N. “Ini bupati juga resah.” Percakapan WA tersebut beredar ditengah Hotel Loccal Collection ini sedang diperiksa oleh Pemda Mabar terkait adanya indikasi ketidak jujuran pihak hotel dalam melaporkan hasil pajak yang selalu menunjukan grafik turun. Padahal berdasarkan data penerbangan menunjukan tingkat kunjungan wisatawan alami grafik naik.

Selain itu, hotel hotel lain di Labuan Bajo alami grafik naik sebagaimana disampaikan Kepala Badan pendapatan daerah Kabupaten Manggarai Barat, Maria Yuliana Rotok saat diwawancara media ini pada Senin, 23 Oktober di ruang kerjanya di Labuan Bajo.

Dalam percakapan WA antara N dan RDL ini, tampak N meminta RDL agar membuat laporan pajak sekecil mungkin. “Renold Lap sdh selesai blm?? Saya mau lapot SPT dan rups. Ketunda terus. Taku nanti  kita di periksa loh.” Pesan N ini pun langsung dibalas oleh RDL. “Sekarang kami lagi garap input tambahan fixed Asset 2021-2022 Pak. Agak kendala sedkt karena tdk ada file master fixed assetnya. Jadi kami rekap based on data pembayarannya yang dikirim oleh bu Fani Pak. Dr Bu Fani jg agar jangan dulu close systemnya sampai selesai ini pak. Mash ada yg mau dicek.”

Baca Juga :   Jumlah Pasien Positif di Bali, Minggu 25 April di Bawah Angka 100

Terkait dengan screenshoot yang beredar ini, media ini sudan berupaya mengkonfirmasi kepada Ngadiman selaku Owner Hotel Loccal Collection, namun dirinya meminta media ini untuk menghubungi Polres Mabar dan kuasa hukumnya Rico Panjaitan. Media ini pun mencoba menghubungi Kuasa Hukumnya Rico Panjaitan melalui pesan singkat WhatsApp pada Senin, 23 Oktober 2023. Namun dirinya mengaku akan menjawab semuA pertanyaat media ini pada Selasa pagi 24 Oktober 2023. “Baik. Besok pagi saya jawab semua ya Kae,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Maria Yuliana Rotok membongkar soal adanya dugaan ketidak jujuran yang dilakukan oleh pihak Hotel Loccal Collection dalam melaporkan hasil pajak. Menurut Maria Yuliana bahwa indikasi ketidak jujuran pihak hotel Loccal Collection itu tercium setelah pihaknya melakukan pemeriksaan kepada wajib pajak. Hal itu disampaikan Maria Yuliana pada Senin, 23 Oktober 2023 di Labuan Bajo.

Yuliana menjelaskan bahwa soal hasil berapa jumlah temuan yang dilakukan oleh Pemda Mabar itu belum bisa diungkapkan ke publik. “Soal berapa temuannya itu rahasia kami dengan wajib pajak. Mohon maaf itu adalah kode etik kami,” ujarnya.

Menurut Yuliana bahwa bukti indikasi ketidak jujuran itu dilihat dari grafik kunjungan tamu ke berbagai hotel yang alami peningkatan, namun hanya hotel Loccal Collection yang alami penurunan. Kepada wajib pajak kami sandingkan dengan data kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo dan data penerbangan. “Jika grafik naik (kunjungan wisatawan naik) tapi laporan pajak turun ini menjadi bahan bagi kami untuk melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Penulis||Rio||Editor||Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya