Terkait Keikutsertaan Israel Dalam Sepak Bola Piala Dunia U-20, Golkar Bali Minta Gubernur Koster Ikuti Keputusan Pemerintah Pusat

01/04/2023 02:09
Dua tokoh kunci yang menolak keikutsertaan Timnas Israel dalam Sepak Bola Piala Dunia U-20, hingga event internasional tersebut batal diselenggarakan di Indonesia, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali, Wayan Koster. (FOTO/dokumen jurnalbali)
banner-single

DENPASAR, Jurnalbali.com –

Sorotan tajam berbagai kalangan masyarakat pencinta sepak bola yang tertuju kepada Gubernur Bali, Wayan Koster lantaran keputusannya menolak keikutsertaan tim nasional Negara Israel dalam kompetisi sepak bola Piala Dunia U-20 yang berujung batalnya Indonesia menjadi Negara tuan rumah event internasional tersebut, tidak luput dari perhatian DPRD Bali.

———-

Fraksi Golkar DPRD Bali, melalui jurubicaranya Made Suardana menyerukan agar Pemerintah Provinsi Bali tidak perlu membuat sikap sendiri terkait penyelenggaraan drawing (pengundian) kontestasi sepak bola piala  dunia U-20. Pemprov Bali yang dalam hal ini direpresentasikan lewat Gubernur Bali, menurut Fraksi Golkar DPRD Bali, harus mengikuti keputusan Pemerintah Pusat.

Pemprov Bali pun diminta mengikuti keputusan pusat yang saat ini sedang mengkaji penyelenggaraan Piala Dunia U-20 agar ada solusi terbaik. Permintaan Fraksi Golkar DPRD Bali ini disampaikan dalam sidang paripurna DPRD Bali, di gedung dewan, Niti Mandala Denpasar, Senin (26/3).

“Sebaiknya Pemprov Bali mengikuti keputusan pemerintah pusat yang sedang melakukan kajian. Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) nantinya, Pemprov Bali mengikuti apa langkah pemerintah pusat soal keputusan akhir terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20,” ujar juru bicara Fraksi Golkar DPRD Bali Made Suardana dalam keterangan tertulis, Rabu (29/3).

Suardana menyebut, Fraksi Golkar DPRD Bali sebenarnya sudah menyampaikan pandangan soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang pro dan kontra. Pandangan Fraksi Golkar itu disampaikan dalam sidang paripurna DPRD Bali, di gedung dewan, Niti Mandala Denpasar, Senin (26/3) lalu. 

Gubernur Bali Wayan Koster menolak kehadiran Timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U-20. Atas penolakan ini akhirnya menuai pro dan kontra secara luas. “Fenomena penolakan Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 menjadi ajang pro dan kontra yang berdampak kepada Bali. Hal ini sangat dilematis dengan Bali sebagai daerah tujuan pariwisata. Kita berharap, Pemprov Bali kedepannya, ketika akan menerima event internasional sebaiknya ada kajian lebih dulu. Terutama dampak politisnya,” tegas politisi asal Desa Pengeragoan, Kecamatan, Pekutatan, Jembrana ini.

Baca Juga :   Kendalikan Laju Inflasi, Pemprov Bali Akan Lakukan Operasi Pasar

Sementara, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mendoakan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang melobi FIFA terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 dapat membawa solusi terbaik.

“Ini adalah satu kesatuan solusi sehingga kita tunggu dan doakan semoga membawa solusi terbaik,” ucap Hasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (29/3).

Hasto mengatakan bahwa sudah saatnya masyarakat belajar dari persoalan ini dengan melihat segala sesuatunya dari perspektif yang positif. Pernyataan sejumlah kader PDI Perjuangan mengenai penolakan terhadap tim nasional Israel merupakan bukti bahwa PDI Perjuangan berdiri kokoh pada konstitusi, pada sejarah, dan tekad agar melalui olahraga, nilai-nilai kemanusiaan dikedepankan. “Sikap untuk mengutuk gerakan antikemanusiaan dari Israel yang terjadi atas bangsa Palestina harus terus dilakukan,” ujar Hasto.

Dalam kesempatan ini, PDI Perjuangan menyoroti konsistensi sikap di dalam membela kemerdekaan Palestina secara penuh tetap menjadi sikap Indonesia. Pada saat bersamaan, melalui langkah ini, diharapkan agar Indonesia dapat mengambil bagian sebagai pelopor atau prakarsa bagi perdamaian antara Palestina dan Israel. “Jadi, sekali lagi, kita doakan agar semua pihak termasuk FIFA dapat bijak di dalam mengambil keputusan. Seluruh pro dan kontra sudah dipahami oleh Pak Presiden dan kita harapkan hasil yang terbaik,” kata Hasto. (*/W-49)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya