Emeritus Uskup Hubertus Leteng Diterbangkan ke Ruteng, Ini Tempat Pemakamannya

01/08/2022 01:57
emeritus Uskup, Mgr Hubertus Leteng saat disemayamkan di Gereja Katedral bandung. (FOTO/Ist)
banner-single

RUTENG,Jurnalbali.com – 

Setelah disemayamkan satu hari di Gereja Katedral Bandung Jawa Barat, jenazah Uskup Emeritus Keuskupan Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya (Keuskupan Ruteng). Jenazah Uskup yang pernah bertugas sebagai pemimpin Gereja Katolik Keuskupan Ruteng selama beberapa tahun ini, diterbangkan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Badung menuju Bandara Komodo Labuan Bajo, pada Senin 1 Agustus 2022.

————–

Jenazah Mgr Hubertus Leteng tiba di Bandar Udara Komodo Labuan, pukul 15.00-an Wita, disambut hamper seluruh imam dan pimpinan Gereja se-Keuskupan Ruteng di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Hal tersebut dibenarkan oleh RD Max Regus, selaku Ketua UNIO Imam Projo Keuskupan Ruteng saat dikonfirmasi media ini, pada Senin 1 Agustus 2022, pagi.

RD Max Regus mengungkapkan, jenazah Mgr Hubertus Leteng diterbangkan dengan pesawat Batik Air dan tiba di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo hari ini pada pukul 15.00-an Wita.

“Pukul 15.00-an nanti, tiba dengan pesawat Batik Air,” tulis RD. Max Regus dalam sebuah pesan WhatsApp.

Dari beberapa sumber menyebutkan, Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar menjelaskan, Keuskupan Ruteng telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pemakaman almarhum Uskup Leteng. Bahkan, kepanitiaan telah dibentuk sejak Keuskupan Ruteng menerimakabar resmi tentang berpulangnya emeritus Uskup Hubertus Leteng dari keuskupan Bandung beberapa hari lalu.

“Kami dari Keuskupan Ruteng telah membentuk panitia dalam rangka penyambut dan pemakaman jenazah Uskup Emeritus Mgr Hubertus Leteng,’ ujar Romo Alfons.

Lebih kanjut Romo Alfons mengungkapkan, Keuskupan Ruteng telah menyepakati bahwa Emeritus Uskup Mgr Hubertus Leteng akan dimakamkan di samping bangunan Gereja Katedral Ruteng.

Romo Alfons menjelaskan untuk menyelenggarakan upacara penyambutan, Misa Requiem dan upacara pemakaman, pihak Keuskupan Ruteng telah membentuk pantia khusus.

Baca Juga :   Fraksi Golkar Bali Soroti Peningkatan Jumlah Penduduk Miskin 4.72% Selama Pandemi

Pantia bertugas mempersiapkan kegiatan penyambutan hingga jenazah mantan pimpinan umat Katolik di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat dimakamkan di Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai.

“Panitia yang dibentuk untuk penyambutan dan pemakaman Mgr Hubert di Gereja Katedral,” kata Rm Alfons Segar.

Mgr Hubertus Leteng, uskup emeritus Keuskupan Ruteng Flores, NTT meninggal dunia pada Minggu, 31 Juli 2022 di Rumah Sakit Boromeus, Bandung.

Setiba di Labuan Bajo, pada pukul 16.00 Jenazah disemayamkan sementara di Kapela Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo sebelum diantar menuju Kota Ruteng pada pukul 16.30 WITA.

Jenazah Mgr Hubertus Leteng tiba di Ruteng pukul 20.00 WITA dan langsung dipersembahkan misa penerimaan jenazah yang dipimpin oleh Romo Vikjen Keuskupan Ruteng. (*/Bil)

Penulis|Editor|Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya