Jadi Media Pejuang Aspirasi Petani NTT, Harian Tani Gelar Diskusi Publik di Unika St. Paulus Ruteng

18/12/2021 02:42
Dari kiri: Dekan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi Universitas Katolik St. Paulus Ruteng, Dr Wahyuni Purnami, S.P.,M.Pd, Pengamat Kebijakan Publik Stefanus Gandi, Praktisi Pers Emanuel Dewata Oja dan Staf pengajar Unika St. Paulus Ruteng DR Manto Tapung. (FOTO/Ronsi)
banner-single

RUTENG Jurnalbali.com –

Berkolaborasi dengan Fakultas Pertanian, Perternakan dan Teknologi Universitas Katolik St. Paulus Ruteng, Tabloid Harian Tani gelar diskusi publik dengan tema” Menggas Pertanian Terintegrasi Menuju Desa Cerdas Bertani”.

———————

Kegiatan diskusi publik tersebut diselenggarakan di Gedung Utama Timur Lantai 5 Unika St. Paulus Ruteng, Kamis (25/11/2021).

Dekan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi Universitas Katolik St. Paulus Ruteng, Dr Wahyuni Purnami, S.P.,M.Pd  mengungkapkan, kegiatan diskusi publik tersebut adalah hal yang pertama kali pihaknya menjalin kerja sama dengan media yang berkaitan dengan pertanian.

Menurut Dr. Wahyuni kegiatan diskusi publik tersebut merupakan hal yang sangat baik karena antara Unika St. Paulus Ruteng dengan media bisa berkolaborasi.

“Pada prinsipnya dengan kegiatan ini merupakan hal yang sangat baik karena antara Unika St. Paulus Ruteng dengan media itu berkolaborasi, sehingga dengan adanya kerja sama ini maka kajian-kajian ilmiah kami itu bisa dibahasakan oleh media sehingga bisa terserap oleh masyarakat dan pemerintah”, ungkapnya pada saat diwawancara oleh media ini, Kamis (25/11/2021).

Untuk tema dalam diskusi tersebut, Dr. Wahyuni menjelaskan memang kekhasan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi Unika St. Paulus Ruteng adalah pertanian yang terintegrasi untuk menuju desa-desa yang cerdas sehingga tidak ada lagi desa yang tertinggal.

“Terutama berkaitan dengan temanya yaitu  Menggagas Pertanian Terintegrasi Menuju Desa Cerdas Bertani karena memang kekhasan dari fakultas Pertanian, Perternakan dan Teknologi Unika St. Paulus Ruteng adalah pertanian yang terintegrasi antara pertanian, peternakan, perikanan terintegrasi untuk menuju ke desa cerdas dimana hal-hal tersebut dipersiapkan ke arah pedesaan sehingga tidak ada desa yang terbelakang,  Perternakan mendukung pertanian maka desa itu akan meningkat kesejahteraan masyarakatnya”, jelasnya.

Baca Juga :   Polemik Bangun 7 Ruas Jalan di Labuan Bajo, Ini Jawaban Bupati Mabar

Ia pun berharap dengan adanya kerja sama dengan media informasi yang disampaikan bisa terserap oleh petani dan bisa menigkat kesejatraan masyarakat melalui pertanian yang terintegrasi.

Sementara itu Pengamat Kebijakan Publik, Stefanus Gandi mengungkapkan dengan memilihnya Unika St. Paulus Ruteng sebagai partner diskusi bisa bekerjasa dalam artian kajian-kajian ilmiah terkait pertanian di Manggarai Raya.

“Hari ini, kami perdana masuk ke Kampus dan memilih Unika St. Paulus Ruteng sebagai partner diskusi, besar harapan kami dari media Harian Tani kedepannya bisa bekerja sama dalam artian kajian-kajian ilmiah terkait pertanian di Manggarai raya”, ungkapnya.

Diskusi publik di kampus Unika St. Paulus Ruteng tersebut dipandu salah seorang staf pengajar Unika, Dr Manto Tapung. Tampil tiga naras umber yakni Dekan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi, Dr Wahyuni Purnami, Pengamat Kebijakan Politik, Stefanus Gandi,  dan praktisi Pers yang juga Penanggungjawab Tabloid Harian Tani, Emanuel Dewata Oja. Diskusi publik ini  juga dihadiri Dosen dan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi dan LSM.

Usai diskusi, Emanuel Dewata Oja menegaskan, diskusi public dengan kalangan akademis, khususnya dengan Unika St. Paulus Ruteng adalah langkah awal Tabloid Harian Tani menunjukan predikat sebagai media yang menampung dan memperjuangkan aspirasi para petani Manggarai Raya khususnya dan NTT umumnya.

‘Tetapi kita juga tak hanya sebagai sarana penyaluran aspirasi public. Taboid Harian Tani kedepan akan memuat tulisan-tuisan hasil kajian akademisi tentang pertanian Manggarai dan NTT umumnya,’ ujarnya. (*/Robi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya