Labuan Bajo Bakal ‘Bergetar’ Ivan Man Pimpin Festival Musik ‘Pesta Bunyi’ Tradisi NTT

20/12/2021 09:46
Alat musik tradisional NTT, Sasando turut tampil dalam Festival. (FOTO/Ist)
banner-single

JAKARTA Jurnalbali.com–

Kemendikbud Riset & Teknologi akan menggelar festival musik tradisi Nusa Tenggara Timut (NTT) secara virtual berupa tayangan dalam kanal youtube Budaya Saya. Koordinator festival pemusik  Ivan Nestorman mengungkapkan, kegiatan ini terdiri dari dua bagian tontonan yaitu “Perburuan Bunyi” dan ‘Pesta Bunyi”.

————————–

“Perburuan bunyi” adalah episode perjalanan bertemu maestro musik di Timor, Sumba dan Flores yang hadir dalam tayangan setiap jam 16.00 WIB (17.00 WITA) mulai dari tanggal 21 hingga 25 Desember.

Sementara, “Pesta bunyi” merupakan suguhan 10 lagu terbaik NTT hasil lomba cipta lagu yang dibawakan oleh para vokalis NTT bertempat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. “Pesta Bunyi” ditayangkan tanggal 23 dan 24 Desember jam 19.00 WIB (20.00 WITA).

“Festival ini dilakukan dalam rangka revitalisasi musik tradisi NTT sekaligus upaya mengembangkannya. Inisiatif seni ini datang bersamaan dengan hari ulang tahun NTT dan persiapan banyak umat Kristiani di NTT menyambut hari raya Natal,” jelas Ivan.

Ivan berharap, tontonan ini bisa mendorong anak muda semakin mencinta budaya NTT. Musik telah menjadi salah satu yang sangat mempengaruhi perkembangan hidup masyarakat NTT dalam lintasan sejarahnya.

Festival serupa yakni Festival music jaz, beberapa minggu lalu juga digelar di Kota Ruteng dimana penyanyi kondang asal Manggarai, Ivan Nestor Man juga tampil. Kala itu, acara diinisiasi oleh Kemenparekraf RI melalui Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur. Pejabat Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Vinsen Jemadu hadir saat itu. (*/Bil)

Baca Juga :   Ditengarai Galian C Bandara Komodo 10 Tahun Tidak Bayar Pajak

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya