Menteri Sandiaga Uno Lancar Berbahasa Manggarai, Ini Kalimat yang Diucapkan

28/09/2021 05:30
Menparekraf Sandiaga Uno pakai peci Manggarai saat berkunjung ke Manggarai beberapa waktu lalu. (FOTO/Ist)
banner-single

DENPASAR Jurnalbali.com –

Tidak banyak Menteri Kabinet Presiden Jokowidodo yang berusaha melafalkan Bahasa dan logat Manggarai – Nusa Tenggara Timur (NTT) secara baik dan benar. Tetapi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mampu melafalkan Bahasa Manggarai dengan baik dan benar. Entah belajar dari siapa, yang pasti Menteri yang satu ini mampu melafalkan Bahasa Manggarai.

————————-

‘Selamat pagi bapak Bupati dan WakilBupati Manggarai timur. Tabe, sanggen ema agu ase kae, lawa Manggarai Timur. Saya Sandiaga Sallahudin Uno Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia turut menyampaikan selamat atas dilantiknya Kepala Desa terpilih yang dilantik di obyek Wisata Rana Kulan, ‘ ujar Sandiaga tanpa telihat menyontek teks.

Ucapan selamat tersebut disampaikannya untuk memngapresiasi Keputusan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur yang telah memilih obyek wisata di Manggarai Timur sebagai tempat dilangsungkannya pelatintikan empat Kepala Desa terpilih di wilayah Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatan Compang Congkar Kabupateen Manggarai Timur yang berlangsung 20 September lalu.

Sandiaga juga dengan fasih tnpa terlihat kesalahan sedikit pun saat menyebut nama empat Desa yang Kepala Desanya dilantik saat itu.

‘Masing-masing untuk kepala desa terpilih yang dilantik, yaitu Kepala Desa Desa Lada Mese, Kepala Desa Nanga Mbaling dari Kecamatan Sambi Rampas, Kepala Desa Satar Nawang  dan Kepala Desa Compang Congkar dari Kecamatan Congkar, selamat berkarya ase kae semua dalam membangun desa masing-masing agar terus maju,’ ujarnya.

Keempat Kepala Desa terpilih tersebut dilantik Wakil Bupati Manggarai Timur Drs. Jaghur Stefanus.

Sandiaga juga berpesan agar para Kepala Desa yang dilantik, terutma yang dilantik di obyek wisata tersebut untuk terus eksplorasikan potensi wisata dan ekonomi kreatif di desa masing-masing.

Baca Juga :   Tepis Citra 'Garang,' Kasatpol PP Bali Dewa Dharmadi Pimpin Aksi Berbagi Kasih

Ia menutup ucapannya dengan Bahasa Manggarai yang santun. ‘Bangunlah desamu, dan salam sukses untuk ase kae semuanya,’ tutup Sandiaga.

Ucapan selamat yang disampaikan Sandiaga dalam Bahasa Manggarai tersebut direkam dalam video berdurasi 1 setengah menit. Sontak video tersebut tersebar meluas di seluruh Manggarai.

Setelah ditelusuri dari siapakah Menteri Sandiaga belajar Bahasa Manggarai, rupanya ia belajar dari salah seorang Deputinya yang kebetulan orang Manggarai yakni, Vinsensius Jemadu yang sejak beberapa bulan lalu dipercayakan oleh Menteri Sandiaga Uno untuk memangku salah satu jabatan elit di Kementerian Parekraf yakni sebagai Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Parekraf RI. (*/Bil)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya