Sembari Mengenang Karya Ayahnya yang Mantan Ketua PWI Bali, Rai Wirajaya Kembali Sumbang Sembako

20/04/2023 03:51
Array
Anggota DPR RI, Agung Rai Wirajaya (empat dari kiri) secara simbolis menyerahkan sembako sebanyak 250 paket kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui PWI Bali, yang diterima langsung Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra pada Rabu 19 April 2023 di Gedung PWI Bali. (FOTO/Dok.PWI Bali)
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com – 

Satu-satunya anggota DPR RI yang begitu setia membantu masyarakat melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali, adalah Anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya. Bantuan yang diberikan baik berupa bantuan pembiayaan kegiatan PWI Bali maupun bantuan sembako yang diberikan beberapa kali sejak pandemi covid-19.

———–

Pada Rabu 19 April 2023, Agung Rai Wirajaya kembali menyumbang sembako sebanyak 250 paket kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui PWI Bali. Agung Rai Wirajaya dating sendiri ke Gedung PWI Bali guna menyerahkan bantuan sembako tersebut yang akan didistribusikan oleh PWI Bali, bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Bali, pada awal Mei mendatang di kabupaten Jembrana.

Ada yang unik saat Agung Rai Wirajaya mendatangi gedung PWI Bali saat menyerahkan bantuan 250 paket sembako tersebut, sebab tidak banyak anggota PWI yang tau bahwa Agung Rai Wirajaya adalah putra mantan Ketua PWI Bali periode 1972 -1983, yakni I Gusti Gede Raka Wiratma. Itu sebabnya ia menyebut kedatangannya ke gedung PWI Bali tersebut sebagai perjalanan kembali ke kawitan. Kawitan adalah kata Bahasa Bali yang berarti tempat asal usul leluhur.

“Ini suatu kesempatan yang sangat berbahagia, saya kembali ke rumah saya, kawitan. Saya bilang demikian karena orangtua saya, ajik (I Gusti Gede Raka Wiratma, red) adalah Ketua PWI Bali periode 1972 -1983. Saat itu, kondisi dan situasi PWI, wartawan pada saat itu, lagi banyak-banyaknya tekanan, namun bisa berjalan, bahkan kegiatan-kegiatan dan aktivitasnya cukup tinggi,” ujar Agung Rai Wirajaya yang kerap disapa ARW seraya mengenang masa kecilnya yang kerap bermain di Kantor PWI Bali di Lumintang, Denpasar.

Baca Juga :   Satpol PP Denpasar Jaring Lagi 15 Orang Pelanggar Prokes di Jalan Imam Bonjol

Agung Rai Wirajaya, yang kedatangannya didampingi putrinya, A A Paramita Dewi, salah satu tokoh perempuan Kota Denpasar mengungkapkan,  ayahnya I Gusti Gede Raka Wiratma, dulu dijuluki ‘Si Kancil’ oleh Menteri Penerangan pada zaman Menteri Penerangan Harmoko.

Ia beranggapan kembalinya ia ke PWI, tentu sudah tidak asing lagi, dimana dirinya sudah menjalin silahturahmi, kerap menjalin komunikasi dengan insan pers. Apalagi saat ini dirinya duduk di Komisi XI DPR RI.

“Batin kita, batin saya sendiri, tidak lepas daripada darah yang mengalir sebagai seorang wartawan. Dari itulah, saya berharap PWI terus berjalan dan terus eksis. Mari kita jalin komunikasi yang baik, agar di kemudian hari PWI semakin bertahan dari gempuran-gempuran dunia digital,” ujar politisi PDIP Bali itu yang sudah duduk selama 4 periode di DPR RI.

Namun, tentunya dalam konteks kode etik yang terus dijalankan, siapa pun yang bernaung di PWI, Agung Rai Wirajaya mengajak untuk selalu mengedepankan kode etik jurnalistik sebagai rujukan para wartawan, agar memberikan contoh kepada yang lain. Pasalnya, PWI merupakan organisasi wartawan tertua.

“Saya berharap serangkaian Hari Pers Nasional tingkat Provinsi Bali ini, di kemudian hari, agar terus didengungkan semangat menjaga keutuhan NKRI dan juga jiwa-jiwa wartawan yang kritis. Yang muda-muda pun, saya berharap, jangan lepas kontrol terhadap kode etik jurnalistik yang sudah disusun, yang dibuat oleh senior-senior, agar terus didalami dan dijadikan panduan dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik,” kata mantan Anggota DPRD Bali itu.

Sementara itu, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra, didampingi beberapa pengurus, menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Agung Rai Wirajaya.

Ia mengatakan, Agung Rai Wirajaya tidak hanya baru kali membantu PWI Bali dengan bantuan paket sembako tetapi juga banyak membantu merealisasikan program-program PWI.

Baca Juga :   Sambut Hari Raya Galungan, Distan Denpasar Cek Kesehatan Daging

“Sebenarnya, dari kami PWI, hanya satu kata, matur suksma, karena bagaimanapun, Pak Agung Rai sudah banyak membantu kami di PWI, terutama untuk merealisasikan program-program PWI. Untuk kali ini, beliau mendukung kita serangkaian Hari Pers Nasional Provinsi Bali di Jembrana, 4 dan 5 Mei mendatang,” ucap Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali ini.

Disebutkan, kali ini Agung Rai Wirajaya mendukung PWI dalam kegiatan sosial, memberikan 250 paket sembako.

PWI sangat berterima kasih, mengapresiasi sekali dukungannya, dan ke depan, tentu PWI berharap selaku Anggota DPR RI yang duduk di Komisi XI agar Pak Agung tetap mendukung PWI Bali melalui program-program yang bisa disinergikan.

“Kenapa demikian, karena PWI adalah beliau juga, beliau darahnya adalah darah wartawan, dimana, orangtua, ajik beliau, adalah ketua PWI ketiga, PWI di masa-masa sulit, wartawan di masa-masa sulit. Dan kami adalah generasi penerusnya. Sudah tentu, hubungan keterikatan, benang merah itu, tetap ada dan ini tentu bisa kita teruskan. Sekali lagi, bagi PWI, beliau, selain sebagai sahabat, juga sebagai orangtua di PWI, karena, bagaimanapun juga, meskipun beliau tidak terjun langsung sebagai wartawan, sebagai pengelola media, tetapi, darah beliau adalah darah wartawan, dan tentu saja, seperti yang kita saksikan hari ini, tetap ingat sebagai wartawan, tetap ingat dengan kawitan-nya, yang telah dirintis atas kerja keras orangtua beliau di masa lalu,” pungkas Dwikora.

Tak menunggu lama,  usai menerima bantuan sembako dari Agung Rai Wirajaya, Ketua PWI Bali bersama beberapa pengurus langsung meluncur ke Yayasan Al-Ittihad Rashid Wa Habib, yang berlokasi di Tegal, Pemecutan, Denpasar dan Panti Sosial Tresna Wreda Wana, Biaung, Gianyar.

Tujuannya tak lain untuk menyalurkan bantuan sembako dari Agung Rai Wirajaya. Bantuan paket sembako ini juga disalurkan kepada anggota PWI Bali yang merayakan Idul Fitri serta sejumlah panti asuhan di Jembrana. (*/W-49)

Baca Juga :   Pembangunan Tol Mengwi-Gilimanuk Dimulai, Ini Kata Gubernur Koster

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya