Sah! Sang Made Mahendra Jaya Resmi Dilantik Jadi PJ Gubernur Bali

05/09/2023 05:35
Array
Sejumlah PJ Gubernur dilantik Mendagri Tito karnavian di Gedung Kemendagri Jakarta pada Selasa, 5 September 2023. (FOTO/Istimewa)
banner-single

JAKARTA,Jurnalbali.com – 

Masa jabatan Wayan Koster sebagai Gubernur Bali bersama wakilnya, Tjokorda Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace, berakhir secara resmi pada 5 September 2023. Bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan Koster-Ace tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Pelaksana Jabatan (PJ) Gubernur Bali, yang melanjutkan masa kepemimpinan Provinsi Bali hingga tahun 2024 nanti terpilih kembali Gubernur baru hasil Pilgub serentak 2024.

———–

Pada Selasa, 5 September 2023 seorang Perwira Tinggi Polisi berpangkat Irjen, yakni Irjen Pol. Sang Made Mahendra Jaya, resmi dilantik sebagai Penjabat (PJ) Gubernur Bali oleh Mendagri, Tito Karnavian, di Sasana Bahkti Praja Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat.

Sang Made Mahendra dilantik bersama Sembilan PJ Gubernur lainnya yang juga mengisi masa jabatan tersisa dari gubernur-gubernur sebelumnya. Pelaksanaan pelantikan Pj Gubernur Bali tertuang dalam surat Kemendagri bernomor 400.10.1.1/4698/SJ.

Putra Daerah kelahiran Singaraja ini akan mengemban amanah baru menggantikan posisi Gubernur Bali, Wayan Koster yang telah habis masa jabatannya.

Gubernur sebelumnya, Wayan Koster yang dihubungi via WA, membenarkan acara pelantikan tersebut dilangsungkan di Jakarta. Ia sendiri turut hadir dan menyaksikan peristiwa penting tersebut. ‘Maaf, saya sedang menuju Kemendagri untuk pelantikan PJ Gubernur,’ tulis Koster singkat melalui balasan pesan WA.  

Sementara dari Bali dikabarkan, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) DPRD Bali, I Gede Indra Dewa Putra mengatakan serah terima jabatan Gubernur Wayan Koster kepada Penjabat Gubernur Irjen Pol. Sang Made Mahendra Jaya  akan dilaksanakan pada Kamis, 7 September 2023. Acara sertijab tersebut akan digelar di Gedung Ksirarnawa, Art Center, Denpasar.

“Serah terima 7 September di Ksirarnawa. Posisi Pj di Jakarta, sekarang gladi. Beliau balik dari Jakarta ke Bali tanggal 6 September 2023. Selasa dilantik di Kemendagri,” kata Indra ketika ditemui seusai Rapat Paripurna DPRD Bali, Senin 4 September 2023.

Baca Juga :   Ketua DPRD Bali Sudah ‘Kantongi’ Nama PJ Gubernur Pengganti Wayan Koster

Gubernur Bali, Wayan Koster berakhir masa jabatannya, Selasa 5 September 2023. Saat ditemui usai sidang paripurna DPRD Bali pada Senin 4 September 2023, Koster mengatakan sudah mengemas barang-barangnya dari rumah dinas.

“Sudah. (kemas-kemas ) sudah ngepak-ngepak barang. Baju dan celana (yang dikemas),” kata Koster ketika ditemui pada acara Pengarahan Menteri PAN RB, tentang Reformasi Birokrasi dan Manajemen ASN serta penyerahan dokumen Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun (Tahun 2025 – 2125), Senin (4/9).

Setelah itu, kata Koster, ia akan tinggal di kampung halamannya yakni Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng. Ia pun berpesan terhadap Pj Gubernur yang baru ini agar melaksanakan tugas yang telah diputuskan.

Ketika diwawancarai media seusai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Bali terakhir di masa jabatannya, Koster mengharapkan Pj Gubernur Bali tetap dapat menjaga adat dan kebudayaan Bali, membangun ekosistem lingkungan yang bersih, melanjutkan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana strategis, kemudian juga peningkatan penggunaan produk lokal Bali.

“Dan yang harus kita apresiasi secara khusus UU Provinsi Bali bisa terbit, dan haluan Provinsi Bali 100 tahun,” kata Koster.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur Bali, Koster mengatakan akan beristirahat total karena selama lima tahun ia merasa kurang tidur.

Kemudian karena ia masih sebagai ketua partai, ia akan mengurus pemilu legislatif dan Pilpres 2024 pada Februari mendatang. “Sudah harus tancap gas lagi,” tandasnya.

Sementara itu, tanggapannya yang banjir pujian dari DPRD Bali saat mengatakan momen perpisahan di sidang Paripurna, Koster mengatakan, selama memimpin Bali ia merasakan suasana yang kondusif selama 5 tahun dalam konteks hubungan eksekutif dengan legislatif.

Koster mengatakan saat 3 periode di DPR RI ia mengatakan akan selalu ada dinamika, namun untuk di Bali ini ia merasakan suasana kekeluargaan yang sangat tinggi sehingga semua pembahasan peraturan daerah (Perda) dan kebijakan itu berjalan dengan lancar, sukses, sangat cepat, dan hubungan yang produktif.

Baca Juga :   Mantan Gubernur Mangku Pastika Dukung Wayan Koster jadi Gubernur Dua Periode

“Tentu saja apa yang sudah diputuskan program tahun 2023 sampai Desember, terutama program tahun 2024 yang sudah dituangkan dalam kebijakan umum anggaran, APBD 2023 perubahan 2024 induk supaya dilaksanakan, termasuk juga kebijakan-kebijakan seperti penggunaan produk lokal. Itu harus didorong terus untuk semakin dipercepat,” katanya.

Irjen. Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya, M.H. lahir di Singaraja, Bali pada tanggal 3 Juli 1966. Ia merupakan seorang Perwira Tinggi Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum.

Sang Made Mahendra Jaya merupakan lulusan Akpol tahun 1989 dan berpengalaman dalam bidang reserse. Ia telah menikah dengan drg. Ida Setiawati dan dikaruniai dua orang anak. Kedua anak beliau yaitu bernama Sang Ayu Heninda Lestari dan Sang Made Satria Damara.

Berikut perjalanan karier Irjen Pol. Sang Made Mahendra Jaya selama bertugas di kepolisian RI.

-Kapolsekta Tamate Polres Kupang (1992)

-Kapolsekta Tamalate Poltabes Ujung Pandang (1997)

-Wakasat Reskrim Poltabes Ujung Pandang (1999)

-Kasat Serse Poltabes Ujung Pandang (2000)

-Wakapolres Pangkep Polda Sulsel (2001)

-Kasat IV Ditreskrim Polda Sulsel (2003)

-Penyidik Madya Unit V Dit. III/Tipikor dan WCC Bareskrim Polri (2004)

-Kapolres Nunukan Polda Kaltim (2007)

-Kapolres Paser Polda Kaltim (2008)

-Wakapoltabes Samarinda Polda Kaltim (2008)

-Penyidik Utama Tk. III Dit III/Tipidkor Bareskrim Polri[1] (2010)

-Dirreskrimsus Polda Bengkulu (2011)

-Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri (2014)

-Dirreskrimum Polda Bali (2016)

-Kasetum Polri[2] (2018)

-Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan, Hukum dan Pengawasan [3] (2019)

-Widyaiswara Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri (2020)

-Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum (2022)

Penulis||Bily||Editor||Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya