Tiga Partai Besar Kompak Mendukung, Wayan Koster Berpeluang Tanpa Lawan Tanding

04/09/2023 04:22
Gubernur Bali, Wayan Koster. (FOTO/Dokumen Jurnalbali.com)
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com – 

Suasana perpolitikan Bali jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024, hingga kini masih adem-adem saja. Nyaris tak terdengar nama tokoh lain selain Wayan Koster yang diperbincangkan publik untuk maju kembali sebagai kandidat Gubernur Bali, melanjutkan kepemimpinannya untuk periode kedua, 2024-2029. Meski ketua DPD PDIP Bali ini, masih menunggu rekomendasi dari partainya bernaung yakni PDIP, namun hampir pasti ia bakal mendapatkan ‘tiket’ itu untuk maju lagi pada periode kedua.

———-

Apalagi, tiga partai besar di Bali yakni Golkar, Gerindra dan Demokrat sudah terang terangan buka kartu. Tiga partai ini, sepertinya tidak punya pilihan lain, semisal mengajukan tokoh lain pada Pilgub Bali 2024 mendatang. Ketiganya terang-terangan menyatakan mendukung Wayan Koster maju kembali dalam Pilgub Bli 2024 demi meraih kembali tampuk kepemimpinan Bali yang selama lima tahun telah dijalaninya.

Ketua DPD Partai Golkar Bali, Sugawa Kory, dihadapan rapat istimewa DPRD Bali dengan agenda mengakhiri masa jabatan pertama pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster – Tjokorda Arta Ardhana Sukawati alias Cok Ace, yang di gelar di ruang rapat utama DPRD Bali, Senin 4 September 2023, dengan terbuka menyatakan Golkarakan mendukung Wayan Koster untuk maju kembali, melanjutkan kepemimpinannya untuk lima tahun berikutnya yakni 2024-2029.

“Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, dilihat dari berbagai indikator pembangunan dipandang telah berhasil. Tetapi terhadap berbagai kekurangan yang masih ada, mari kita lanjutkan, sempurnakan bersama,” ujar Sugawa Kori. 

Meski kalimat yang diucapkan Sugawa Kory tersebut terdengar masih samar-samar menyatakan dukungan, namun gesture politik Partai Golkar Bali, tampak jelas memberikan dukungan kepada Wayan Koster dan Cok Ace untuk tampil kembali pada periode kedua yang diwali nanti pada Pilgub Bali 2024.

Baca Juga :   Mantan Gubernur Mangku Pastika Dukung Wayan Koster jadi Gubernur Dua Periode

Dukungan serupa juga datang dari partai Gerindra. Melalui wakil Ketua DPD Partai Gerindra Bali, I Nyoman Suyasa, mengakui Wayan Koster mempunyai ide-ide besar untuk membangun Bali kedepan. Partai Gerindra, kata Suyasa, telah melihat perkembangan pembangunan Bali, yang sangat impresif dalam balutan visi misi nangun sat kerthi loka Bali.  

Maka menurut Nyoman Suyasa, Wayan Koster adalah Gubernur yang cerdas dan memiliki wawasan luas. Sehingga dia berharap Wayan Koster dapat terpilih kembali pada pemilu 2024.

“Walaupun kita berbeda partai tetapi kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Pak Gubernur Bali bapak Wayan Koster. Saya berdoa kepada Pak Gubernur beserta keluarga agar senantiasa dilimpahkan rezeki. Mudah-mudahan, astungkara (semoga) 2025 saya dan Pak Gubernur kembali duduk di tempat ini,” kata Suyasa. 

Senada dengan itu, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Bali, Tjokorda Gde Asmara Putra Sukawati yang juga merupakan kader partai Demokrat Bali, mengapresiasi kepemimpinan Wayan Koster selama periode 2018-2023. Terutama kata dia, Koster dan Cok Ace berhasil mengembalikan pariwisata Bali secara cepat usai pandemi Covid-19. Baginya tidak semua pemimpin dapat melakukan itu.

“Janji politik yang diucapkan pada 2019 tercapai bahkan melampaui ekspektasi. Tidak mudah menjadi pemimpin di era covid, dengan kesungguhan dan keinginan hati, duet Koster-Ace melakukan percepatan pemulihan transformasi.”

“Membangun Bali tidak bisa tercerai berai kita harus bersatu maka saya berharap dan berdoa semoga Pak Gubernur dan Cok Ace kembali di 2024-2029,” harapnya.

Penulis||Bily||Editor||Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya