Stefanus Gandi Beri Sumbangan Kepada Penemu Teknologi Irigasi Tetes di Maumere

25/01/2022 11:57
Ketua kelompok Orang Moeda Farming Yance Maring (FOTO/Ronsi)
banner-single

MAUMERE, Jurnalbali.com

Disela kegiatan Literasi Jurnalis Kewirausahaan di berbagai sekolah Seminari dan Kampus di daratan Flores, Stefanus Gandi sempatkan diri untuk melihat salah satu pertanian berbasis digital di Maumere, kabupaten Sika.

Tanaman Hortikultura tersebut dikelolah diatas lahan pemerintah daerah seluas 3 Ha lebih dengan sistem menggunakan irigasi tetes.

Ketua kelompok Orang Moeda Farming Yance Maring mengatakan pengelolaan pertanian irigasi tetes ini setelah dirinya mengikuti pelatihan di Isreal pada tahun 2018.

Pengelolaan irigasi tetes ini jelas Yance dengan menggunakan teknologi sehingga semua unsur hara atau pun proses penyiraman air dan juga pemupukan bisa dikontrol melalui sistem android.

Yance mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang dilakukan oleh Stefan Gandi, kerena menurutnya Stefan Gandi sangat peduli untuk mendorong semangat orang mudah yang berinovasi terhadap pertanian di NTT ini.

“Terima kasih kepada pak Stefan selaku Direktur SG Intitute yang mempunyai kepedulian terhadap perkembangan pertanian di NTT ini”, jelas Yance saat ditemui media ini di Maumere, Senin, (24/01/2022).

Yance juga mengatakan begitu banyak orang yang datang ke tempat pertaniannya namun hanya datang berfoto saja. “Dan sejauh ini banyak orang yang berkunjung kesini hanya untuk foto-foto, hanya untuk masuk media sudah itu selesai. Jadi apa yang diberikan oleh bapak Stefanus Kami tidak melihat dari segi nilainya tetapi kami hanya melihat dari segi bentuk apresiasinya dan ini sangat luar biasa”, ungkap Yance

Sementara itu Stefanus Gandi sangat mengapresiasi terhadap semangat yang dikembangkan oleh kelompok tani orang Moeda Farm Maumere.

Menurut pengusaha muda itu dengan perkembangan teknologi yang ada, kita tidak boleh minder dan selalu beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

Baca Juga :   Stefanus Gandi Apresiasi Kegiatan Pameran Produk UMKM Di Labuan Bajo

“Yang dilakukan oleh pak Yance ini sebagai contoh untuk kita semua orang NTT agar selalu berinovasi dan memanfaatkan teknologi yang ada”, ucap Stefan.

Ia pun berharap adanya perhatian serius dari pemerintah daerah untuk mendukung semangat dari anak-anak mudah NTT untuk selalu berkreasi, berinovasi agar model pertanian di NTT ini bisa berkembang. (*/Roby)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya