Pangdam Udayana Diganti, Pejabat Baru Disebut Orang ‘Dekat’ Kasad Dudung

20/07/2023 01:47
Array
Pangdam Udayana baru Mayjen TNI Harfendi. (Foto/JB/dok)
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com – 

Mabes TNI kembali merotasi sejumlah perwira tinggi di seluruh Indonesia. Sekitar 40 orang lebih Jenderal TNI menjalani mutasi Jabatan. Diantara puluhan Jenderal tersebut, terdapat nama Mayjen TNI Harfendi, yang menempati jabatan baru sebagai Pangdam IX/Udayana. Ia menggantikan Mayjen TNI Sonny Aprianto, yang sudah 1,5 tahun menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana.

———-

Mayjen TNI Harfendi sendiri, disebut-sebut mempunyai ‘kedekatan’ dengan Kepala Staf (Kasad) TNI AD, Jenderal Dudung. Bahkan Jenderal Harfendi disebut-sebut, sebagai kader, yang secara khusus dipersiapkan oleh Kasad Jenderal Dudung untuk menempati beberapa posisi penting di Mabes TNI AD.  

Namun, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Fadjar Moch Sjafrudin yang dimintai komentarnya terkait kabar ‘kedekatan’ tersebut mengaku tidak mengetahuinya. Menurut dia, yang namanya mutasi di kalangan TNI adalah hal biasa yang pasti akan dialami semua perwira tinggi. Intinya kata dia, Prajurit TNI selalu tunduk pada tugas dan tanggungjawab, termasuk untuk bertugas di mana pun dalam wilayah Negara kesatuan RI.  

Dihubungi Rabu (19/7) sore, Kapendam mengatakan promosi jabatan itu merupakan hal yang biasa. Dia juga mengatakan Mayjen Sonny Aprianto sudah pas waktunya untuk dipromosikan menduduki jabatan baru.

“Promosi jabatan di TNI itu biasa. Bapak Pangdam ini sudah pas atau ideal waktunya mendapat promosi jabatan baru,” ungkap Kolonel Fadjar.

Sayangnya Kapendam mengaku belum mendapatkan informasi terkait kapan waktunya serah terima jabatan (Sertijab) Pangdam. Menurutnya serah terima jabatan merupakan kegiatan di Mabes TNI. Kodam IX/Udayana hanya akan melakukan penyambutan Pangdam yang baru setelah diserahterimakan di Mabes TNI.

“Belum tahu kapan Sertijabnya. Sertijabnya nanti digelar Mabesad, Jakarta jadi satu dengan pejabat lainnya. Kapan waktunya, kemungkinan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Baca Juga :   Denpasar Masih Penyumbang Terbesar Pasien Positif Corona Sabtu 24 April 2021

Pangdam IX/Udayana sebelumnya, Mayjen TNI Sonny Aprianto kini mendapat kepercayaan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono untuk menduduki jabatan baru sebagai Asintel Panglima TNI.

Mayjen Sonny mendapat promosi jabatan baru bersama 96 perwira tinggi TNI AL, TNI AD, dan TNI AU lainnya. Promosi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Bagi Mayjen TNI Harfendi, bertugas di lingkungan Kodam IX/Udayana bukanlah wilayah yang baru. Dia adalah mantan Kasdam IX/Udayana periode 2021 hingga Agustus 2022. Kurun waktu kurang dari setahun terakhir jenderal lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 ini melewati dua jabatan prestisius, yakni Pa Sahli Tk III Kasad Bidang Polkamnas dan Koorsahli Panglima TNI. Kini kembali ke Kodam IX/Udayana untuk menjabat sebagai Pangdam yang ke-42.

Mayjen Sonny Aprianto mendapat promosi sebagai Asintel Panglima TNI seperti kembali pada posisinya semula. Bagaimana tidak, jenderal lulusan Akademi Militer 1990 ini lebih banyak menghabiskan tugasnya di bidang intelijen. Sebelum menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana dia pernah menjabat sebagai Dandeninteldam IX/Udayana tahun 2007, Sahli Bidang Hankam BIN tahun 2021, dan Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN tahun 2021 hingga 2022.

Sementara Mayjen Harfendi pernah menduduki berbagai jabatan, seperti Kazidam XVII/Cenderawasih tahun 2012 sampai 2013. Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih tahun 2013. Paban IV/Faskon Slogad tahun 2018. Waaslog Kasad Bidang Renbinminlog tahun 2020 sampai 2021 dan sejumlah posisi strategis lainnya.

Penulis||Bily||Editor||Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya