Geger Warga Temukan Mortir Sisa Perang di Kebun di Tabanan

12/08/2021 03:11
Proses evakuasi mortir oleh Brimob Polda Bali. (FOTO/Ist)
banner-single

TABANAN Jurnalbali.com

Satu unit peledak berupa mortir ditemukan  pada Rabu (11/8/2021) di kebun milik warga bernama I Wayan Eka Wisnawa alias Guru Mangku Dalang, di Banjar Dinas Jegu Tengah Desa Jegu Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Walhasil, temuan itu sontak membuat geger warga sekitar. Usai ditemukan, warga langsung melaporkan temuannya ke pihak kepolisian.

Dari informasi yang dihimpun, sebagaimana unggahan yang dibagikan oleh akun Instagram resmi Brimob Polda Bali, @satbrimobdabali, mortir yang ditemukan berjenis The British 2 inch (51 mm) Mark 1. Untuk tahun pembuatannya sendiri belum bisa dipastikan.

“Namun dugaan kuat, mortir itu merupakan peninggalan zaman perang,” tulis akun tersebut. Atas temuan itu, Unit Jibom Satbrimob Polda Bali yang dipimpin oleh Akp Nuryadi mendapat perintah dari Dansat Brimob untuk melaksanakan Penanganan temuan benda yang dicurigai sebagai mortir tersebut.

Sebagaimana dalam postingan itu, setelah mendapat laporan terkait temuan itu, sejumlah anggota Brimob Polda Bali melakukan proses evakuasi terhadap mortir tersebut.

Tampak pada postingan itu juga sebuah video menunjukan kegiatan untuk menghancurkan mortir itu di lokasi yang aman.

Setelah adanya koordinasi, Tim Jibom langsung dilaksanakan Disposal (Pendiscrupteran) ditempat yang aman yaitu  tepatnya di Pantai Kelanting, Kerambitan, Tabanan.

Pendisposalan berjalan aman sehingga mortir tersebut berhasil dihancurkan hingga tercerai berai.

Hingga akhirnya yang tersisa hanya penutup dan casing. “Selanjutnya penyerahan BB dari Unit Jibom kepada kewilayahan beserta BAP penyerahan barang bukti dan penanganan” tambah akun @satbrimobdabali

Terkait temuan itu, Wadirkrimum Polda Bali, AKBP Suratno tak memberikan keterangan lebih jauh. Dia hanya meminta Wartawan mengkonfirmasi kejadian itu ke pihak Polres Tabanan.

“Untuk lebih jelas silakan konfirm ke Res Rabanan,” jawabnya singkat, Rabu (11/8/2021) malam. (*/Mpr)

Baca Juga :   HUT RI, Warga Golo Teli Ndoso Dapat Hadiah Dari DPD PAN Mabar

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya