Asean Summith 2023 Digelar di Labuan Bajo, Kapolda NTT Tinjau Kesiapan Venue

09/03/2023 10:30
Array
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi dan Kapolda NTT, Johni Asadoma pada Kamis, 09 Maret 2023 saat melakukan peninjauan sarana dan prasarana di Labuan Bajo menjelang Asean Summith pada julan Mei mendatang. (FOTO/Rio/Jurnabali)
banner-single

LABUAN BAJO, Jurnalbali.com– 

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi dan Kapolda NTT, Johni Asadoma didampingi Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto pada Kamis, 09 Maret 2023 melakukan pengecekkan sarana dan pra sarana diberbagai titik venue yang akan digunakan pada acara KTT Asean Summith yang akan digelar di Labuan Bajo pada bulan Mei 2023.

———–

Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto menjelaskan bahwa kunjungan Kapolda NTT dan Kakorlantas Polri ke Labuan Bajo bertujuan untuk melihat perkembangan proyek pembangunan infrastruktur disejumlah lokasi yang nantinya akan dikunjungi oleh Kepala Negara anggota ASEAN dan para delegasi yang hadir di Labuan Bajo.

Adapun titik yang dikunjungi antara lain VIP Bandara Komodo Labuan Bajo, Hotel Sudamala, Hotel Ayana, Hotel Meruorah, dan Kawasan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) Tanah Mori.

“Hari ini Bapak Kapolda NTT dan Bapak Kakorlantas Polri cek progres pembangunan infrastruktur yang akan dikunjungi oleh para kepala negara. Hasilnya, bahwa proses pembangunan Gedung MICE Tanah Mori sudah mulai rampung. Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Kunjungan ini tujuannya untuk melihat perkembangan proyek pembangunan venue MICE Tanah Mori yang akan digunakan saat KTT Asean Summith 2023 pada bulan Mei mendatang. Selain itu memastikan apakah sudah sesuai dengan perencanaan,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa usai pengecekan sarana di Tanah Mori, Kapolda NTT dan Kakorlantas Polri juga meninjau kesiapan beberapa hotel yang akan digunakan pada kegiatan Asean Summith. Peninjauan ini sekaligus berkoordinasi dengan pihak hotel masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para delegasi yang akan menginap di hotel hotel yang telah ditentukan.

“Peninjauan beberapa venue yang nantinya akan digunakan merupakan bukti dan semangat Polri dalam mendukung dan menyambut KTT Asean Summith 2023 ini,” jelasnya.

Baca Juga :   Tiga Kepala Staf TNI Kumpul di Rumah Kasad, Bahas Apa?

Secara terpisah, pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berkomitmen mempercepat pembangunan Kawasan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) di Golo Mori.

Kawasan MICE yang dilengkapi dengan beach club, observation deck, dan dermaga kayu yang direncanakan Pemerintah menjadi salah satu venue rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Summith pada bulan Mei mendatang.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati menjelaskan bahwa saat ini progres pekerjaan konstruksi fasilitas MICE berikut infrastruktur dasar kawasan mencapai rata-rata di atas 90 persen. “Kami optimistis seluruh pekerjaan dapat selesai sesuai target yaitu pada akhir Q1-2023,” ujarnya

Ari menjelaskan bahwa realisasi progres pembangunan masing-masing item pekerjaan adalah pembangunan infrastruktur jalan kawasan mencapai 92,54 persen, sementara pekerjaan MICE, Beach Club, observation deck mencapai 89,19 persen.

Progres pekerjaan infrastruktur jalan kawasan meliputi pembangunan lajur jalan utama, bahu jalan, saluran drainase jalan, Penerangan Jalan Umum (PJU), landscape, marka jalan, rambu-rambu, dan Guardrail pada sisi jalan.

Sementara total progres pekerjaan konstruksi bangunan MICE meliputi Convention Hall, Public Entrance, Lobby VVIP, Lounge VVIP, Ruang Meeting VVIP dan Media Center, dan Observation Deck.

Pengembangan kawasan MICE di Golo Mori NTT merupakan penugasan pemerintah bagi ITDC dalam pengembangan destinasi pariwisata di Indonesia. Setelah sebelumnya di kawasan The Nusa Dua Bali dan The Mandalika NTB.

ITDC pun berkomitmen untuk menjalankan penugasan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memenuhi harapan dan target pemerintah.

“Kami berharap kawasan ini sukses menjadi venue KTT ASEAN dan dapat menjadi ikon wisata unggulan baru di kawasan timur Indonesia,” ujarnya. (*/Rio)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya