Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat Desa, 40 Warga Desa Diupahi Bersihkan Sungai

11/06/2023 01:06
Array
Aksi pembersihan di sepanjang aliran sungai di kawasan Jl. Cok Agung Tresna I, Denpasar Timur, yang diikuti aparat Desa dan sejumlah masyarakat setempat pada Jumat 9 Juni 2023. (FOTO/Mas)
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com – 

Tidak mudah memberi penyadaran kepada masyarakat untuk peduli terhadap pelesatarian dan kebersihan lingkungan. Menyadari hal itu, Pemerintah Desa Dangin Puri Klod memberi upah bagi masyarakat yang terlibat langsun dalam kegiatan pembersihan sungai yang ada di Kota Denpasar, khususnya sungai yang malintasi Desa Dangin Puri Klod.

————

Kegiatan tersebut dilakukan pada Jumat 9 Juni 2023, dengan lokasi sepanjang aliran sungai di kawasan Jl. Cok Agung Tresna I.

Perbekel Desa (Kepala Desa) Dangin Puri Klod, Made Sada menjelaskan aksi bersih bersih sungai ini melibatkan setidaknya 40 orang masyarakat berpenghasilan rendah, dengan mendapat upah  Rp 100 ribu per orang.

Kegiatan yang merupakan upaya untuk merealisasikan program Padat Karya Tunai Desa (PKTDes) lewat pemberdayaan masyarakat desa tersebut dihadiri langsung Camat Denpasar Timur, I Made Tirana, didampingi Perbekel Desa Dangin Puri Klod, I Made Sada.

“Program PKTDes ini merupakan program pemerintah yang berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Ada sekitar 40 orang masyarakat yang kita ajak dengan upah Rp 100 ribu per orang. Kita harapkan melalui kegiatan ini, lingkungan menjadi bersih serta masyarakat juga menjadi produktif,” ujar Made Sada.

Selain itu, lanjut Made Sada, PKTDes pembersihan sungai ini, diyakini akan  menumbuhkan budaya gotong royong, kekompakan dan kebersamaan, sehingga tercipta kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

“Program ini tidak hanya selesai di hari ini saja. Kami akan secara kontinyu melakukan kegiatan serupa di lokasi lain di wilayah Desa Dangin Puri Klod,” imbuh Made Sada. (*/Bil)

Baca Juga :   Kejati Bali Tetapkan Tiga Pejabat Unud Bali Tersangka Dugaan Skandal SPI

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya