Wakil Gubernur Bali Jadi Pelindung, Jaringan Jurnalis Peduli Sampah Gelar Rapat Perdana

12/09/2022 05:30
Ketua J2PS Bali, Agustinus Apolonaris K Daton (dua dari kiri) memimpin rapat perdana J2PS Bali di Pojok Sudirman Denpasar Minggu 11 September 2022. (FOTO/E-49)
banner-single

DENPASAR,Jurnalbali.com –

Setelah dideklarasikan pada 22 Agustus 2022 Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS) Bali terus bergerak. Organisasi yang dibesut Ketua Apsi Bali, Putu Ivan Yunatana ini pada Minggu 11 September 2022 berkonsulidasi, melengkapi struktur kepengurusan dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua J2PS Bali, Agustinus Apolonaris K Daton di Caffee PICA Pojok Sudirman Denpasar.

———-

Dalam arahan pembukaan rapat, Putu Ivan Yunatana yang tak lain adalah owner RS Bhakti Rahayu Denpasar menegaskan, setelah dideklarasika pada pertengahan Agustus lalu, kehadiran J2PS Bali sudah mulai mendapat respon positif dari berbagai kalangan.

Menyikapi hal itu, Putu Ivan meminta seluruh pengurus J2PS Bali, untuk tidak berhenti berkarya demi menyelamatkan Bali dari kerusakan lingkungan akibat sampah-sampah yang hingga saat ini belum mendapat perhatian serius dalam penanganannya oleh pemerintah maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan.

‘Saya terus mengamati permasalahan sampah di Bali. Dan sudah ada beberapa lembaga pendidikan yang meminta J2PS Bali, melakukan sosilisasi tentang penanganan persampahan di Bali. Saya kira terhadap ini kita tidak bisa berdiam diri. Jika memang ada permintaan sosialisasi, ayo kita sambut dan segera bergerak,’ ujar Putu Ivan.

Sementara Ketua J2PS Bali, Agustinus Apolonaris K Daton yang telah didapuk sebagai ketua J2PS Bali menekankan pentingnya kekuatan jurnalis untuk melakukan edukasi penanganan sampah di Bali.

Apolo yang tak lain adalah jurnalis dan redaktur senior Koran Pos Bali, kembalil mengungkap beberapa data permasalahan penanganan sampah di Bali yang kian meresahkan. Itu sebabnya, Apolo yang telah dibebankan tanggungjawab sebagai ketua J2PS Bali mengajak beberapa jurnalis yang miliki kepedulian terhadap penanganan persampahan di Bali, untuk bergabung dalam kepengurusAN j2ps Bali.

Baca Juga :   Wabup Buleleng Sutjidra Pantau Vaksinasi Pekerja Pariwisata di Gerokgak

Demi efektifitas organisasi yang baru didirikan ini, Apolo juga merekrut sejumlah tokoh masyarakat non jurnalis untuk memperkuat kepengurusan J2PS yang dipimppinnya. Tercatat nama sejumlah tokoh masuk dalam kepengurusan J2PS, antara lain, terdapat nama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace sebagai pelindung. Masuk juga nama-nama tokoh lain yang bukan jurnalis tetapi tergaransi punya kepedulian yang sama dengan visi misi J2PS Antara lain, Mantan Dirut RS Bali mandara, dr Bagus Dharmayasa, Politisi Putu Leong  dan mantan Kepala Ombudsman Bali, Umar Ibnu Alkhatab. Duduk juga sebagai salah seorang penasehat adalah Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali, Emanuel Dewata Oja alias Edo.

Beberapa jurnalis senior yang selama ini bertugas di Bali, seperti  Muhammad Ridwan yang mendapat tugas sebagai sekretaris. Masuk juga Ketua Bali Waste Cycle, Olivia Anastasia Padang yang dipercaya sebagai Bendahara. Ada juga Pemimpin Redaksi Harian Pos Bali, Gregorius Aris Rusmanda dan owner media online Theeast.com, Ignasius Igo Kleden serta sejumlah jurnalis lainnya. (*/E-49)

Penulis|E-49|Editor|Edo

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya