Zona Merah Paling Banyak, Jumlah Pasien Positif C19 Bali Urutan 11 di Indonesia

14/04/2021 11:43
Ilustrasi
banner-single

Jurnal Bali.com

Meski merupakan daerah pandemic C19 dengan kategori Zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (Covid-19) paling banyak di Indonesia saat ini, Posisi provinsi Bali dalam keselurhan peringkat jumlah terkonfirmasi positif virus Corona, masih di bawah 10 Provinsi lain di Indonesia. 

————————— 

Data perkembangan terakhir pandemi C19 di seluruh Indonesia seperti yang dirilis Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 14 April 2021, Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Republik Indonesia bertambah 5.656 orang. Dengan penambahan tersebut, total kasus positif virus Corona di Indonesia menjadi menjadi 1.583.182 orang.

Sementara untuk Provinsi Bali, pasien positif Corona pada Rabu 14 April 2021 bertambah 121 orang. Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 di Bali berjumlah 42.326 orang orang sejak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia.Sedangkan pasien sembuh ada pada angka 69 orang, sehingga menjadi 39.333 orang dan yang meninggal dunia beredasarkan data 14 April 2021 tercatat 3 orang, sehingga menjadi 1.225 Orang.

Baca Juga :   Bertambah 171 Pasien, Serangan C-19 di Denpasar Masih Mengkhawatirkan

Terkait peringkat jumlah pasien positif untuk secara keseluruhan di Indonesia, pada 14 April 2021,Bali menempati urutan ke 11, persis di bawah Bangka Belitung dengan 144 kasus positif C19. Tiga provinsi urutan teratas masih ditempati Jawa barat dengan 1.568 kasus baru, Jawa Tengah 716 kasus baru dan DKI Jakarta dengan 661 kasus baru.

Sedangkan jumlah Zona merah, pada pekan ini zona merah bertambah dari pekan lalu yang hanya 10 daerah. Provinsi Bali tercatat menjadi wilayah penyumbang terbanyak zona merah Covid-19 pekan ini. Wilayah zona merah Covid-19 tersebut antara lain Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng, dan Kabupaten Tabanan, Bali.

Baca Juga :   Gubernur Akui Jumlah Pasien Positif Covid-19 Terus Turun, Namun 4 Hari Terakhir Penurunannya Sangat Kecil

Kemudian Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan, Sumatera Utara. Selanjutnya Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah serta Kota Palembang, Sumatera Selatan. Untuk pekan ini, Pulau Jawa tak memiliki daerah zona merah Covid-19. Rata-rata daerah di Jawa masuk dalam zona kuning dan oranye. Sementara itu, terdapat 316 kabupaten/kota masuk dalam zona oranye atau wilayah risiko sedang penularan covid-19

Seluruh wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara masuk dalam zona oranye Covid-19. Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 mengalami penurunan. Pada pekan ini zona kuning tersisa 178 kabupaten/kota dari pekan lalu yang berjumlah 207 wilayah. Kemudian zona hijau atau daerah tidak ada kasus dan tak terdampak penyebaran virus corona hanya tersisa sembilan kabupaten/kota.

Baca Juga :   Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Buleleng Masih Tinggi

Sekretaris Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin yang dihubungi Rabu 14 April 2021 menjelaskan, hingga kini Bali memiliki 5 Kabupaten yang masih dinyatakan Zona merah. Kabupaten tersebut adalah; Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kodya Denpasar, Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Tabanan. Sedangkan yang sudah masuk kategori Zona orange adalah; Kabupaten Bangli, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Klungkung dan Karangasem.

‘Hanya dengan tetap secara konsisten menerapkan protocol kesehatan barulah kita bisa dapat menurunkan dan mengendalikan pandemic covid-19. Karena itu Satgas tetap meminta agar masyarakat taat Prokes, 3M. Biar cepat pariwisata Bali dibuka untuk wisatawan mancanegara dan domestic,’ ujar Made Rentin. (*/Bil)

Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 Bali, Made Rentin

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya