RSUD Komodo Sudah Memiliki Cathlab Penyakit Jantung dan Stroke

25/05/2023 02:03
Array
Para dokter dan awak Medis RS Komodo berpose bersama menunjukan kekompakkan dan kegembiraan karena RS Komodo telah memiliki alat untuk penyakit jantung. (FOTO/Rio)
banner-single

LABUAN BAJO, Jurnalbali.com – 

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo, Labuan Bajo telah menyediakan Kateterisasi Laboratorium (Cathlab) khusus Pasien yang memiliki riwayat penyakit Jantung Koroner dan Pasien Strok. Penyediaan alat yang super canggih ini sebagai sarana penunjang fasilitas kesehatan bagi para delegasi yang ikut hadir dalam KTT Asean Summit di Labuan Bajo pada Tanggal 9 sampai 11 Mei 2023.

————-

Dokter Usman, Direktur fasilitas pelayanan kesehatan pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan bahwa RSUD Komodo sesungguhnya sudah sangat siap secara penuh untuk melayani para delegasi yang ikut hadir dalam KTT Asean Summit dikala ada yang membutuhkan pelayanan kesehatan lebih khusu bagi pasien dengan penyakit jantung.

“RSUD Komodo sejak Tanggal 09 Mei sudah memiliki Cathlab. Saya memang dari awal ditugaskan untuk mengawal dan berkolaborasi dengan tim dari RSUD Komodo untuk menyiapkan RS Komodo ini dari segi fasilitas pelayanan kesehatan untuk siap nantinya pada saat pagelaran KTT Asean Summit di Labuan Bajo. Kita pahami bersama bahwa RS Komodo ini merupakan RS Umum satu satunya yang dimiliki Pemerintah Daerah yang ada di Labuan Bajo,” ujarnya usai mengecek penggunaan perdana pada pasien perdana di RSUD Komodo pada Rabu, 10 Mei 2023.

Ia menjelaskan bahwa selama kurang lebih dua minggu Kementerian Kesehatan bersama sama dengan tim RSUD Komodo dengan tim kontraktor dan tim vendor berkolaborasi dan berkoorsinasi untuk menyiapkan RSUD Komodo sebagai sarana penunjang dari sisi fasilitas kesehatan sebagai bagian dari upaya pelayanan bagi para delegasi yang ikut hadir dalam KTT Asean Summit.

“Alhamndulilah pertanggal 09 Mei, RSUD Komodo pada pelayanan kesehatan dan terutamanya alat alat penunjang ketika misalnya ada yang gagal jantung misalnya udah bisa dilaksanakan (ditangani) disini (RSUD Komod, red).Tadi pagi sendiri kita sudah melakukan tindakan pertama untuk penanganan (pasien) diagnosa penyakit jantung. Semuanya berjalan lancar dan Alhamndulilah ini suatu kebanggan bahwa RS Komodo sudah memiliki peralatan kesehatan yang sangat canggi. Jadi seperti kata Bapak Presiden kemarin tidak usah jauh jauhlagi ke Jakarta. cukup selesai di sini (RSUD Komodo, red), ujarnya.

Baca Juga :   Stefan Gandi Beri Motivasi Ratusan Mahasiswa Stipar Ende

Menurut Usman, alat Cathlab ini bisa untuk menangani pasien jantung dan stroke. untuk saat ini, lanjutnya, penggunaan alat ini masih menyiapkan skenario sistem pengampuan (bimbingan/binaan dari dokter luar).

“Jadi nanti teman teman dari RSUD Komodo menyiapkan pasiennya, nanti Dokternya datang (dari Bali)  ke sini untuk menangani. Dokter Pengampuan ini di sini nanti kami datangkan dari RS Sanglah. Dan Alhamndulilah mereka bisa bekerja secara tim dan memberikan ilmu ilmunya buat teman teman di sini (RSUD Komodo, red) itu yang betul betul kami sangat harapkan. Sampai saat ini RSUD Komodo ini tidak memiliki Dokter spesialis, tetapi diampuh oleh dokter dokter dari RS Sanglah sebagai ketua wilayah regional. Sambil jangka panjangnya kita akan menyekolahkan dokter dokter dari RSUD Komodo untuk mengambil spesialisasi untuk penanganan keterusan alat alat kesehatan ini,” ujarnya. (*/Rio)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya