LSPR Bali Gelar Jounarlism Short Courses, Hadirkan Ketua SMSI Bali Sebagai Narasumber

16/05/2024 04:16
Array
Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja saat penyampaian materi dalam kegiatan Jounarlism Short Courses di Auditorium LSPR Bali Campus (Foto/Roland)
banner-single

DENPASAR – jurnalbali.com –

The London School of Public Relations (LSPR) Bali gelar “Journalism Short Course” sebagai program rutin dengan tema “Adaptasi Jurnalisme dalam Era Digital”. Ini adalah upaya untuk mendukung peranan jurnalisme di ruang publik. LSPR Menghadirkan Ketua Serikat Media Syber Indonesia (SMSI) Bali, Emanuel Dewata Oja (Edo) sebagai narasumber. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan “saat ini kita berada di era anomali media. maka pers harus menjadi Cleaning House terhadap informasi di media sosial,” kata Ketua SMSI Bali itu. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium kampus LSPR Bali pada Kamis, 16 Mei 2024.

———-


Edo kemudian menjelaskan era digitalisasi berkembang sangat masif. Lalu lintas informasi dalam media sosial berkembang tak terkendali. Tak dapat dipungkiri media online maupun media cetak mengambil berita dari media sosial dan terkadang netizen juga dijadikan sumber berita.

“Saat media sosial adalah news maker. Semua orang bisa nulis dan bisa menyebarkan informasi dalam media sosial,” ujarnya.

Orang susah membedakan mana media yang berbasis sumber yang benar dan mana yang tidak. Informasi yang tidak ada kebenarannya tetapi itu dibagikan secara terus-menerus akan menjadi sebuah kebenaran.

“Itulah era post truth (pasca kebenaran) ketidakbenaran yang diulang-ulang akan menjadi sebuah kebenaran,” Lanjut Edo yang juga adalah seorang penulis.

Media sosial layaknya berjalan di hutan rimba. Bebas tak beraturan. Tetapi media pers adalah sebuah jalan yg teratur karena ia memiliki aturan. Maka menjadi salah satu alternatif solusi ialah media pers harus menjadi cleaning house.

“Pers harus menjadi cleaning house“. Menjadi filter yang baik untuk memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Baca Juga :   Utamakan Aksi Sosial, SMSI Bali Peringati HPN 2021 Tanpa Seremonial

Diskusi ini berlangsung alot. Terdapat banyak pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang hadir sekitar tiga puluhan orang. Kegiatan kursus singkat jurnalisme yang diselenggarakan oleh LSPR ini adalah sesi pertama dari lima sesi.

Terdapat banyak door prize menarik bagi peserta diskusi yang ikut full kegiatan dalam lima sesi ini dan aktif dalam bertanya. Door prize-nya berupa S2 Gratis dibiayai full oleh LSPR bagi 2 orang pemenang dan hadiah lain berupa voucher Indomaret serta berbagai macam hadiah yang sangat menarik tentunya.

 

Penulis||Rolan||Editor||Restin

 

 

 

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya